Dark/Light Mode

KPU Respons Undangan Mahasiswa UI

Unjuk Gagasan Bacapres Ke Kampus Mencerahkan

Jumat, 25 Agustus 2023 06:45 WIB
Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaran Pemilu Idham Holik. (Foto: dok. KPU RI)
Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaran Pemilu Idham Holik. (Foto: dok. KPU RI)

 Sebelumnya 
“Apalagi di kampus, beliau hobi dan senang diskusi dengan para intelektual,” kata Dahnil.

Bacapres PDIP Ganjar Pranowo juga memastikan akan melayani tantangan debat BEM UI.

“Ya nanti kita debat. Terima kasih ya,” katanya di Taman Lumbini Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (21/8).

Baca juga : Prabowo Sambangi Dan Sapa Mahasiswa Indonesia Di Kampus Columbia University

Sebagai informasi, BEM UI menyiap­kan arena tarung gagasan para bacapres pada 14 September 2023. Setelah menan­tang Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, BEM UI kini segera melayangkan undangan resmi.

“Undangan resmi akan kami kirimkan mulai besok untuk tiap bacapres baik Ganjar, Anies, maupun Prabowo,” ujar Ketua BEM UI Melki Sedek Huang, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Melki mengaku, akan menunggu re­spons lanjutan dan keberanian dari tiap bacapres untuk beradu gagasan di depan semua mahasiswa. Para mahasiswa ingin menguji akal para bacapres.

Baca juga : Partai Garuda: Mahasiswa Tak Bisa Undang Capres Debat Di Kampus

“Kami juga mengundang seluruh anak-anak muda, mahasiswa, dan ber­bagai elemen masyarakat lainnya datang dan melihat ide-ide besar setiap calon pemimpin Indonesia untuk masa depan bangsa,” ajak Melki.

Tantangan ini muncul menyusul pu­tusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang diketok pada 15 Agustus 2023. MK mengabulkan gugatan terhadap Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, khususnya Pasal 280 ayat (1) huruf h.

Konsekuensinya, kampanye di tem­pat ibadah dilarang total. Namun, pe­serta pemilu tetap dapat hadir di tempat pendidikan dan fasilitas Pemerintah, asalkan tanpa atribut kampanye dan atas undangan pihak yang bertanggung jawab.

Baca juga : Hadiri Latihan Gabungan Bersama Puan, Bamsoet Apresiasi Kemampuan TNI

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 25/8/2023 dengan judul KPU Respons Undangan Mahasiswa UI, Unjuk Gagasan Bacapres Ke Kampus Mencerahkan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.