Dark/Light Mode

Pengamat: Yenny Wahid Cawapres Harapan Gusdurian dan Akar Rumput NU

Sabtu, 26 Agustus 2023 16:47 WIB
Sejumlah deklarasi dukungan terhadap Yenny Wahid (kiri)untuk maju sebagai cawapres di Pilpres 2024. (Foto: Instagram Yenny Wahid)
Sejumlah deklarasi dukungan terhadap Yenny Wahid (kiri)untuk maju sebagai cawapres di Pilpres 2024. (Foto: Instagram Yenny Wahid)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik Ujang Komarudin menyoroti munculnya sejumlah deklarasi dukungan terhadap Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid untuk maju sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2024 dari berbagai kelompok masyarakat.

Mulai dari santri, Kiai di beberapa pondok pesantren Nahdlatul Ulama (NU) hingga akhir-akhir ini muncul juga deklarasi serupa oleh masarakat petani dan nelayandi Situbondo, Jawa Timur.

Baca juga : Pengamat: Ganjar-Yenny Wahid, Perpaduan Mesin PDIP Dan NU-Gusdurian Di Pemilu 2024

Menurut dosen Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta ini, deklarasi dan dorongan untuk putri Presiden Keempat, KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur menunjukkan bahwa Yenny bahwa memiliki basis dukungan dari akar rumput atau khusunya kelompok-kelompok masyarakat di kalangan NU yang berbasis kultural.

"Jadi saya melihat adanya dukungan dari kalangan NU mulai dari santri hingga kiai, ini menunjukkan Yenny Wahid ada dorongan dari bawah dan dia memiliki basis kekuatan di akar rumput. Tentu ini modal politik yang bagus," kata Ujang Komarudin di Jakarta, Sabtu (26/8).

Baca juga : Pengamat: Pasangan Yang Diinginkan Capres Memang Dari NU

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) melihat bahwa adanya dukungan tersebut menandakan, kelompok-kelompok NU dan Gusdurian menginginkan Yenny Wahid sebagai representasi di Pilpres 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.