Dark/Light Mode

Pengamat: Yenny Wahid Cawapres Harapan Gusdurian dan Akar Rumput NU

Sabtu, 26 Agustus 2023 16:47 WIB
Sejumlah deklarasi dukungan terhadap Yenny Wahid (kiri)untuk maju sebagai cawapres di Pilpres 2024. (Foto: Instagram Yenny Wahid)
Sejumlah deklarasi dukungan terhadap Yenny Wahid (kiri)untuk maju sebagai cawapres di Pilpres 2024. (Foto: Instagram Yenny Wahid)

 Sebelumnya 
"Mbak Yenny Wahid ini dianggap representasi politik para pengikut Gus Dur, cicit pendiri NU, tokoh politik perempuan Nahdliyyin yang dekat dengan akar sosiologis basis NU," ujar Ujang.

Menurutnya,  tidak heran dukungan itu sangat kuat dari NU akar rumput. Bisa dikatakan yenny Wahid merupakan Cawapres harapan akar rumput NU dan Gusdurian.

Dengan modal dukungan dari akar santri dan kiai NU, lanjut Ujang, Yenny Wahid memiliki posisi tawar yang bagus untuk dipertimbangkan bagi semu capres yang butuh suara dari kalangan NU.

Baca juga : Pengamat: Ganjar-Yenny Wahid, Perpaduan Mesin PDIP Dan NU-Gusdurian Di Pemilu 2024

Ujang mengatakan, hampir setiap Pilpres kita, ada representasi NU Dan sangat berpengaruh dalam mendongkrak elektoral pasangannya.

"Hampir dua kali Pilpres pak Jokowi menang karena berpasangan dengan orang yang dianggap representasi NU. 2019 pak Kiai Ma'ruf yang jelas-jelas NU, dan 2014 dengan pak Jusuf Kalla, yang juga ditonjolkan ke-NU-annya," katanya.

Menurutnya, di pemilu 2024 sangat logis kalau tokoh-tokoh NU kembali dipertimbangkan di sejumlah simulasi capres.

Baca juga : Pengamat: Pasangan Yang Diinginkan Capres Memang Dari NU

"Saya kira nama Yenny Wahid berada di urutan paling atas untuk sebagai pertimbangan politik koalisi capres. Satu karena di jelas-jelas NU, kedua tokoh perempuan, dan ketiga memang basis wilayah pengaruhnya di Jawa Timur," tukasnya.

Sebelumnya, dukungan berbagai kelompok terhadap Yenny Wahid untuk tampil di Pilpres 2024 mulai muncul. Salah satunya, Aliansi Nahdliyyin - Santri Nusantara.

Deklarasi dukungan ini dilakukan di Pondok Pesantren Muhyiddin Gebang Sukolilo Surabaya, Senin (21/8).

Baca juga : Tak Didukung Gus Yahya, Diserang Yenny Wahid, Cak Imin Hadapi Lawan Berat

"Mendukung Mbak Yenny Wahid sebagai representasi politik para pengikut Gus Dur untuk dicalonkan sebagai Calon Wakil Presiden Republik Indonesia (Cawapres RI) di Pemilu 2024," kata Pengasuh Pondok Pesantren Muhyiddin Gebang Sukolilo Surabaya, KH. Muhammad Hasan Badri saat deklarasi dukungan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.