Dark/Light Mode

Tanggapi Survei Litbang Kompas

Banteng Yakin, Ganjar Dapat Restunya Jokowi

Jumat, 25 Agustus 2023 07:35 WIB
Ketua DPP PDIP, Said Abdullah. (Foto: Antara)
Ketua DPP PDIP, Said Abdullah. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan (PDIP) yakin, Ganjar Pranowo merupakan Calon Presiden (Capres) yang akan direkomendasikan Presiden Joko Widodo.

Survei Litbang Kompas teranyar bisa menjadi salah satu acuannya. Hasil survei yang digelar pada periode Agustus 2023 itu menyebutkan, 18,1 persen responden akan me­milih Capres-Cawapres yang direkomendasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua DPP PDIP, Said Abdullah menilai, jumlah persentase survei itu tak kecil.

"Angka itu jangan bilang hanya. 18,1 persen itu suara dahsyat yang dimiliki Bapak Presiden Jokowi. Sehingga para Capres berebut endorse Pak Jokowi," kata Said di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Ganjar Paling Menanjak

Menurutnya, besarnya responden yang memilih berdasar rekomendasi Jokowi menunjuk­kan, kader Banteng berhasil dan punya pengaruh jika menempati posisi penting. Baik di eksekutif maupun di legislatif.

PDIP, kata dia, akan mengga­rap suara 18,1 persen ini dengan serius. Supaya berlabuh kepada Capres Ganjar Pranowo.

"Sangat optimistis suaranya ke Pak Ganjar. Apalagi Pak Jokowi yang tingkat kepuasan publiknya maksimal itu masih kader PDI Perjuangan. Jadi jangan lagi benturkan Pak Jokowi dengan PDI Perjuangan," imbau Ketua Banggar DPR itu.

Baca juga : Temanan Sejak Mahasiswa, Ganjar-Imin Gampang Ngeklik

Diketahui, survei Litbang Kompas periode Agustus 2023 menunjukkan, terjadi pening­katan kepercayaan terhadap Presiden Jokowi, termasuk reko­mendasi untuk bakal Capres. "Sebesar 18,1 persen responden memastikan bakal memilih sosok yang direkomendasikan Presiden Jokowi," tulis Litbang Kompas, Rabu (23/8).

Meski begitu, hasil survei itu jiga mencatat lebih banyak responden masih pikir-pikir memilih Capres yang didukung Jokowi. Jumlahnya, sekitar separuh bagian responden (49,7 persen) yang masih memper­timbangkan, menyatakan pikir-pikir, dan menggantungkan putusan pada kualitas sosok calon yang direkomendasikan Jokowi.

Sementara Relawan Ganjar tergabung dalam Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) menilai, hasil survei Litbang Kompas menunjukkan, suara strong voters telah kembali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.