Dark/Light Mode

Jadi Caleg DPR, Endipat Wijaya Komit Majukan Pendidikan Warga Kepri

Jumat, 8 September 2023 00:24 WIB
Ketua DPP Partai Gerindra/ calon anggota DPR dari Dapil Kepri pada Pemilu 2024 HM Endipat Wijaya. (Foto: Istimewa)
Ketua DPP Partai Gerindra/ calon anggota DPR dari Dapil Kepri pada Pemilu 2024 HM Endipat Wijaya. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPP Partai Gerindra yang juga calon anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau (Kepri) pada Pemilu 2024 HM Endipat Wijaya memberangkatkan 48 calon mahasiswa dari Kepri penerima beasiswa S1 di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) Bandung. Pemberangkatan ini merupakan salah satu langkah yang ia tunjukkan sebagai komitmen dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di provinsi yang memiliki 2.400 pulau lebih ini.

Pemberangkatan 48 penerima beasiswa ini dilepas Ketua DPD Partai Gerindra Kepulauan Riau, Iman Sutiawan.

Menurut pria yang akrab disapa Endi tersebut, program peningkatan pendidikan di Kepri sudah ia lakukan sejak dua tahun terakhir. Endi sudah menyalurkan beasiswa ke hampir 60 ribu siswa, mulai SD, SMP, SMA/SMK, hingga mahasiswa S1 dan S2.

"Total sejauh ini saya telah mampu memperjuangkan beasiswa hampir ke 60 ribu siswa di Kepri, baik itu untuk pendidikan di dalam Provinsi Kepri atau yang melanjutkan pendidikan di luar Kepri, ke Jakarta atau ke Bandung misalnya" kata Endi, Kamis (7/9).

Baca juga : Timnas Garuda Jaga Kebugaran

Menurut lulusan Magister Swiss-German University ini, program untuk memperbaiki tingkat pendidikan di Kepri tak lain karena menjalankan amanah dan perintah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Sesuai perintah dari Pak Prabowo, karena beliau merupakan sosok yang concern terhadap kesejahteraan masyarakat, apalagi dunia pendidikan. Maka dari itu, saya juga ingin memperjuangkan para warga Kepri untuk mendapat pendidikan yang layak," lanjut Endi.

Saat ini, beasiswa yang diupayakan oleh pria yang saat ini menjadi Stafsus di Kementerian Pertahanan ini, tak lain berdasarkan program-program beasiswa yang dijalankan pemerintah pusat. Endi berjuang dan berkoordinasi dengan banyak pihak terkait agar lebih banyak lagi siswa yang terjaring dalam program tersebut.

"Kita juga berkoordinasi dengan para pihak terkait, agar beasiswa ini bisa dirasakan masyarakat Kepri lebih luas," kata caleg Gerindra dengan nomor urut 1 tersebut.

Baca juga : Dharma Wanita PAM Jaya Berikan Tabungan Pendidikan Bagi Puluhan Warga Marunda Kepu

Endi berkomitmen, program beasiswa ini akan terus digalakkan dan semakin masif seiring meningkatnya kepercayaan masyarakat Kepri.

Komitmen yang disampaikan lulusan Pertambangan ITB sudah bukti. Selama 2022 sampai 2023, Endi sudah bisa mengupayakan program beasiswa terhadap 60 ribu siswa SD, SMP dan SMA di Kepri untuk menerima Program Indonesia Pintar (PIP). Setiap siswa mendapatkan bantuan uang tunai secara berbeda berdasarkan tingkatan sekolah. Untuk siswa SMA dan SMK mendapatkan uang tunai Rp 1 juta, untuk siswa SMP besarannya Rp 750.000, dan untuk siswa SD mendapatkan bantuan Rp 450.000.

Program Indonesia Pintar merupakan program pemerintah pusat yang disalurkan melalui anggota DPR di masing-masing daerah pemilihan. Khusus yang disalurkan melalui Partai Gerindra di Kepri beberapa tahun terakhir diperjuangkan melalui Endi, meskipun dia belum menjadi anggota DPR. Itu sebabnya, pada Pemilu 2024, Endi akan mencalonkan diri menjadi anggota DPR.

“Tanpa adanya kewenangan formal, saya tidak akan terlalu banyak bisa berbuat demi kebaikan masyarakat Kepri. Untuk itu, saya mohon bantuan, pada pileg mendatang saya akan mencalonkan diri. Jika nanti saya nanti diberi amanah sebagai anggota DPR, ditambah Pak Prabowo mendapat kepercayaan sebagai Presiden, saya akan makin memperluas jangkauan program beasiswa ini untuk meningkatkan prestasi anak-anak Kepri di bidang pendidikan,” janjinya.

Baca juga : Cegah Karhutla Saat El Nino, Gapki Dan Pemerintah Lakukan Modifikasi Cuaca

Selain memajukan bidang pendidikan, Endi juga ingin menjadikan Kepri sebagai provinsi yang mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat. Menurutnya, hal ini layak diperjuangkan mengingat Kepri menjadi provinsi yang berbatasan langsung dengan 6 negara tetangga termasuk, Singapura dan Malaysia.

"Kita ingin menarik perharian Pemerintah Pusat, mengingat Kepri merupakan provinsi yang dekat dengan negara tetangga. Sehingga pemerintah pusat harus lebih memberi perhatian khusus, terutama kesejahteraan masyarakat Kepri," pungkas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.