Dark/Light Mode

Ganjar Wacanakan Gaji Guru 30 Juta, Pengamat: Tepat Dan Rasional

Sabtu, 9 September 2023 15:31 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat kebijakan publik Centre of Youth and Population Centre (CYPR) Boedi Rheza mendukung wacana capres PDIP Ganjar Pranowo yang akan menaikkan gaji guru hingga mencapai Rp 30 juta per bulan.

Rheza mengatakan, apa yang diwacanakan Ganjar itu sudah tepat.

Dengan peningkatan kesejahteraan, guru dapat berkonsentrasi untuk memberikan pengajaran dan pendidikan kepada siswa.

"Jika melihat level gaji guru-guru negara tetangga, Indonesia termasuk pada tingkat yang rendah. peningkatan gaji guru tersebut dapat dilakukan secara bertahap dalam beberapa tahun ke depan," ujarnya, Sabtu (9/9).

Gaji guru di Indonesia memang masih rendah jika dibandingkan negara lain sekawasan, seperti Filipina, Thailand dan Malaysia.

Baca juga : Bandara-bandara AP l Meriahkan Hari Pelanggan Nasional

Bahkan jika dibandingkan Singapura, yang merupakan negara maju, gaji guru di Indonesia lebih rendah 20 kali lipat.

Dengan kenaikan gaji, menurut Rheza, kejadian seperti guru yang terjerat pinjaman online (pinjol) yang sangat memberatkan dapat semakin diminimalisir.

Sebagai catatan, pihak yang terjerat pinjol illegal saat ini adalah guru, yang menurut Otoritas Jasa Keuangan alias OJK, mencapai 42 persen.

Kenaikan tingkat gaji tersebut, lanjutnya, dapat dilakukan dengan penyesuaian pada tingkat upah minimum di masing-masing daerah.

Peningkatan gaji tersebut juga dapat dilakukan dengan mengalihkan subsidi, seperti subsidi BBM.

Baca juga : Ganjar Disarankan Antisipasi Serangan Isu Kemiskinan

Selain itu, dapat juga dilakukan dengan memperbesar porsi bantuan pusat kepada daerah melalui proporsi dana pendidikan.

Selama ini, porsi dana pendidikan juga ada pada bimbingan teknis atau diklat di instansi pemerintah.

Jika itu dapat diefisiensikan, misalnya dengan mengoptimalkan fungsi lembaga pelatihan negara, maka proporsi biaya pelatihan tersebut dapat dialihkan untuk membantu pendanaan gaji guru.

"Dengan alokasi anggaran yang efisien dan tepat, maka kenaikan gaji guru dapat dilaksanakan dengan baik dan tidak membebani keuangan pusat maupun daerah," imbuhnya.

Ia menambahkan, inisiatif baik yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo, yakni menyamakan gaji guru dengan upah minimum daerah Jateng, dapat dilakukan daerah lain dan ditingkatkan menjadi kebijakan nasional.

Baca juga : Kenalkan Ganjar, Relawan G-Creasi Gelar Outbond Bareng Gen Z Di Kabupaten Malang 

"Di satu sisi, kenaikan tersebut dapat ditutupi oleh daerah dengan mengalokasikan kembali anggaran pendidikan lain yang tidak efisien seperti pelatihan yang banyak dilakukan di tempat-tempat berbiaya tinggi," tutupnya.

Sebelumnya, Ganjar menyatakan harapannya agar gaji guru dapat mencapai Rp 30 juta per bulan.

Ganjar beralasan, sudah selayaknya guru diberikan gaji sebesar itu mengingat sumbangsihnya yang sangat tinggi.

Upaya mensejahterakan guru juga telah dilakukan oleh Ganjar Pranowo semasa menjabat menjadi gubernur Jawa Tengah.

Dia menyamakan gaji guru dengan upah minimum yang berlaku. Setidaknya, guru dapat menutupi kebutuhan minimum per bulannya dan tidak terjerat dengan permasalahan lain, seperti pinjaman online.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.