Dark/Light Mode

Tenis Amerika Serikat Terbuka 2023

Gauff Gondol Gelar Penglaris

Senin, 11 September 2023 07:00 WIB
Coco Gauff. (Foto: Getty Images)
Coco Gauff. (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kejutan terjadi di ajang turnamen tenis Grand Slam Amerika Serikat (AS) Terbuka 2023. Petenis peringkat sepuluh dunia, Coco Gauff berhasil meraih gelar AS Terbuka 2023, setelah menaklukkan petenis peringkat dua dunia, Aryna Sabalenka 2-6, 6-3, 6-2.

Kemenangan ini adalah grand slam pertama bagi Coco Gauff yang baru berusia 19 tahun dan menjadikannya remaja Amerika pertama yang memenangkan AS Terbuka sejak Serena Williams pada 1999.

Serena saat itu berhasil men­gangkat trofi juara grand slam pertamanya di AS Terbuka 1999 saat ia berusia 17 tahun. Selain itu, Gauff menjadi pe­tenis Amerika keempat yang memenangkan gelar tunggal grand slam di Era Terbuka (sejak 1968), bergabung dengan Chris Evert, Tracy Austin, dan Serena Williams.

Baca juga : Peserta BATIC 2023, Disambut Keindahan Bali Yang Menawan

“Itu sangat berarti bagi saya. Saya merasa sedikit terkejut saat ini. Kekalahan di Prancis Terbuka itu merupakan kekece­waan terbesar bagi saya, namun saya menyadari bahwa Tuhan menempatkan Anda melalui kesengsaraan dan cobaan, dan itu menjadikan momen ini lebih manis dari yang dapat saya bayangkan,” ungkap Gauff dikutip dari WTA Tour.

Gauff memiliki rekor 16-0 di Amerika Serikat sejak musim panas ini dimulai. Satu-satunya kekalahannya selama bertanding di lapangan keras Amerika Utara adalah dari juara Jessica Pegula di perempat final di Montreal, Kanada.

Atas hasil ini, Gauff diperki­rakan naik ke peringkat tertinggi dalam kariernya, yakni men­duduki posisi ketiga di ranking dunia versi WTA, yang baru diperbarui pada Senin (11/9). Se­dangkan, Sabalenka yang akan segera menjadi pemain tunggal putri peringkat satu dunia.

Baca juga : Alcaraz Tak Terbendung

Gauff mengaku termotivasi teriakan penonton yang tidak percaya terhadap kemampuan­nya. “Sejujurnya, terima kasih kepada orang-orang yang tidak percaya padaku... dua minggu yang lalu, saya memenangkan gelar 1000 (di Cincinnati) dan orang-orang mengatakan itulah yang terbesar yang bisa saya capai,” katanya.

Gauff juga memberikan peng­hormatan kepada ayahnya, yang membawanya ke AS Terbuka ketika dia masih kecil untuk menonton idolanya dalam tenis, Serena dan Venus Williams. “Hari ini adalah pertama kalinya saya pernah melihat ayah saya menangis,” lanjut Gauff.

“Dia tidak ingin saya me­ngatakan hal itu kepada Anda. Saya telah datang ke turnamen ini (selama begitu lama). Ayah saya membawa saya ke turnamen ini duduk di sana menonton Venus dan Serena bersaing, jadi sangat luar biasa bisa berada di pang­gung ini,” katanya.

Baca juga : Cek Tanggal Merah Di Bulan September 2023, Jika Mau Liburan Bulan Depan

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 11/9/2023 dengan judul Tenis Amerika Serikat Terbuka 2023, Gauff Gondol Gelar Penglaris

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.