Dark/Light Mode

Khofifah-Mahfud Diusulkan Ulama Banten Jadi Cawapres Ganjar

Minggu, 24 September 2023 19:05 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ganjar Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, mengaku mendapatkan usulan nama bakal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya untuk Pilpres 2024.

Masukan itu berasal dari ulama Nahdlatul Ulama (PBNU) wilayah Tangerang Raya, Banten.

Adapun nama yang diusulkan ialah Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, hingga mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj.

Awalnya Ganjar ditanya wartawan terkait dengan usulan nama dari ulama Banten. Ganjar menyatakan, ada.

Baca juga : Melihat Antusiasme Nelayan Di Serang Yang Mendapat Bantuan Dari Sukarelawan Ganjar

"Ada masukannya Pak dari para ulama, misalkan untuk memilih pasangan yang mendampingi Pak Ganjar?" tanya wartawan kepada Ganjar seusai silaturahmi sekaligus diskusi dengan para kiai dan tokoh lintas agama se-Tangerang Raya di Ponpes Roudlotussalaam, Cimone, Tangerang, Banten, Minggu (24/9/2023).

"Oh Iya. Kalau ini ulamanya ini sebagian besar NU ya. 'Pak Ganjar, wakilnya dari NU dong'. Kira-kira begitu," jawab Ganjar, sembari menirukan usulan nama dari ulama tersebut.

Ketika ditanya nama Mahfud diusulkan atau tidak oleh ulama tersebut. Ganjar menjawab bahwa banyak tokoh diusulkan.

"Tadi ada nama Pak Mahfud disebut, Mbak Khofifah, nama Pak Kiai Said Aqil, kalau dari versi beliau (ulama NU Tangerang Raya)," ucap Ganjar.

Baca juga : Mahfud Dan Andika Masuk Kriteria Cawapres Ganjar

Menurut Ganjar, Mahfud, Khofifah hingga Said Aqil bisa saja menjadi cawapresnya. Semua orang masih mempunyai peluang yang sama.

Terlebih, mereka semua merupakan tokoh-tokoh yang bagus dan berkualitas.

"Saya kira (mereka Mahfud, Khofifah, Said Aqil), tokoh-tokoh hebat semuanya," ucap Ganjar.

Selain itu, Ganjar menegaskan bahwa penentuan bakal cawapresnya dilakukan secara bersama-sama antaranya dirinya dan para partai pendukung.

Baca juga : TGB: TPN Tak Cawe-cawe Urusan Cawapres Ganjar

Ganjar menyatakan masukan dari semua kalangan, baik itu ulama, tokoh dan masyarakat lainnya akan menjadi pertimbangan dalam penentuan bakal cawapresnya.

"Oh iya bareng-bareng, saya pasti dilibatkan, tidak mungkin tidak, semua partai juga yang mengusung kami dilibatkan," tandas Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.