Dark/Light Mode

Tetap Unggul, Siapapun Cawapresnya

Prabowo Masih Kokoh Teratas

Selasa, 3 Oktober 2023 07:30 WIB
Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby (kanan), didampingi moderator Fitri Hari memaparkan temuan dan analisis Survei Nasional bertajuk Pasangan Capres  Anies yang Menurun di Jakarta, Senin (2/10). Survei LSI menyatakan, Prabowo unggul di Sumatera, Sulawesi, dan Maluku-Papua. Ganjar unggul di Jawa, Kalimantan dan Bali-NTB-NTT. (Foto: Indra Hardi/RM)
Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby (kanan), didampingi moderator Fitri Hari memaparkan temuan dan analisis Survei Nasional bertajuk Pasangan Capres Anies yang Menurun di Jakarta, Senin (2/10). Survei LSI menyatakan, Prabowo unggul di Sumatera, Sulawesi, dan Maluku-Papua. Ganjar unggul di Jawa, Kalimantan dan Bali-NTB-NTT. (Foto: Indra Hardi/RM)

 Sebelumnya 
Mengapa Anies menurun? Kata Adjie, dari hasil riset kuali­tatif, ada dua penyebab. Pertama, kritik keras SBY soal pemimpin yang tidak memegang janji, beredar luas mempunyai efek pada persepsi yang berkembang di publik. Kedua, Muhaimin kalah populer dan kalah disukai dibanding AHY. Popularitas atau pengenalan AHY 65,9 persen. Popularitas Muhaimin 49 persen. Dari sisi kesukaan, AHY 68,3 persen, Muhaimin 61,5 persen.

LSI Denny JA mencoba sejum­lah simulasi pasangan Pilpres. Di simulasi pertama, Prabowo-Erick Thohir teratasdengan 39,3 persen.Posisi kedua Ganjar-Sandiaga Uno 36,9 persendan ketiga Anies-Muhamimin 13,6 persen.

Baca juga : Masuk Bursa Cawapres Prabowo, Gibran Patuh Ke Megawati

Simulasi kedua, Prabowo-Gibran Rakabuming teratas 38,5 persen. Ganjar-Sandi 35,6 persendan ketiga Anies-Muhaimin 14,1 persen. Simulasi ketiga, Prabowo-Airlangga Hartarto di posisi teratas 38,8 persen. Disusul Ganjar-Sandi 35,1 persen,dan Anies-Muhaimin 13,9 persen.

Simulasi keempat, Prabowo-Khofifah Indar Parawansa di po­sisi teratas dengan 38,4 persen. Di posisi kedua Ganjar-Sandi 35,3 persen dan ketiga Anies-Muhaimin 14,0 persen. Simulasi kelima, Prabowo-Khofifah di posisi teratas 38,7 persen. Di posisi kedua Ganjar-Mahfud MD 35,8 persen dan ketiga adalah Anies-Muhaimin sebesar 14 4 persen.

Baca juga : Getar 08 Maunya Prabowo Presiden, Wakilnya Terserah

"Setidaknya hingga September 2023, Prabowo masih tetap Capres dengan elektabilitas ter­tinggi, siapa pun Cawapresnya. Jika September bulan lalu penuh kejutan, maka Oktober penuh kepastian. Di bulan ini, pendaf­taran Capres-Cawapres dibuka tanggal 19-25 Oktober 2023," pungkas Adjie.

Menanggapi hasil survei itu, Ketua DPD Golkar Jawa Timur, M Sarmuji tak heran Prabowo masih teratas. "Apalagi setelah Partai Golkar bergabung," kata Sarmuji dalam pesannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Ganjar Pranowo Figur Yang Peduli Kaum Disabilitas

Soal Cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Sarmuji menyebut ada empat nama kuat yang akan memenangkan Prabowo. Salah satunya, adalah Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto. "Yang jelas ada nama Pak Airlangga yang sangat ber­peluang. Juga Erick Thohir, Khofifah, hingga Gibran," ka­tanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.