Dark/Light Mode

Jadi Rebutan Ganjar Dan Prabowo

Khofifah Bintang Pilpres 2024

Senin, 9 Oktober 2023 07:30 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Antara)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjadi rebutan sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) oleh Capres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Rekam jejak dan kualifikasinya mumpuni.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin tak heran pada hal ini. "Saya sejak 2019 pernah bilang, Bu Khofifah ini akan jadi rebutan di 2024 sebagai Cawapres," katanya, kepada Rakyat Merdeka, ke­marin.

Baca juga : Anis Matta Ajak Para Kiai Dan Ulama Doakan Prabowo Jadi Presiden RI

Dikatakan, kekuatan ketiga Capres saat ini bisa dibilang rela­tif rata. Khususnya, bagi Ganjar dan Prabowo yang dalam survei perbedaan elektabilitasnya tak terlampau jauh di posisi satu dan dua.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini menganalisa, Anies Baswedan dan dia Capres lainnya kompetitif di seluruh provinsi. Ganjar menguasai Jawa Tengah, Prabowo Jawa Barat, dan Anies di DKI dan luar provinsi di Pulau Jawa. Kekuatan masing-masing ba­sis provinsi Capres ini jika ditotal relatif imbang. Maka pertarungan atau battle ground utamanya akan ada di Jawa Timur.

Baca juga : Rakorcab Gerindra Tangsel Usulkan Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Inilah yang menyebabkan posisi tawar Khofifah menguat. Sebab, selain Gubernur Jatim, Khofifah punya modal lain yang besar. Yakni tokoh perem­puan, Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), dan bagian dari perwakilan ormas Islam terbesar di Indonesia. "Khofifah ini lengkap. Secara basis suara dan massa punya.Basis dukungan elite ada. Pengalaman politiknya juga pan­jang. Meski ada Srikandi lain dari Jawa Timur, seperti Yenny Wahid," tuturnya.

Serupa, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menyebut, baik Prabowo maupun Ganjar, sama-sama butuh suara di Jawa Timur. Salah satu tokoh perempuan yang kuat basis massanya di provinsi ini ya Khofifah.

Baca juga : Mantap! Relawan Petebu Karanganyar Tegas Siap Menangkan Ganjar Di Pilpres 2024

"Ganjar maupun Prabowo ini seimbang di Jawa Timur. Siapa pun yang menggaet Khofifah, akan semakin tebal kemenangannya di provinsi ini. Selain tentu tokoh perempuan dan rekam jejaknya di dunia politik juga panjang," kata Adi dalam pesannya, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.