Dark/Light Mode

Layak Dipilih Ganjar Atau Prabowo

Erick Disukai Warga NU

Senin, 2 Oktober 2023 08:31 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapa yang layak dipilih Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto menjadi Cawapres? Jawabannya adalah Erick Thohir. Alasannya, Menteri BUMN itu, 
paling unggul dalam bursa Cawapres, juga paling disukai warga Nahdlatul Ulama (NU).

Demikian intisari dari survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia yang bertajuk Signifikansi Nahdlatul Ulama (NU) dan Peta Elektoral Jelang Pemilu 2024, di Jawa Timur (Jatim) yang dirilis Minggu (1/10/2023). Survei Indikator ini dilaksanakan 14-20 September 2023, dengan melibatkan 1.810 responden, serta margin of error plus minus 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berasal dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur, yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random, sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor, dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control, tidak ditemukan kesalahan berarti.

Hasilnya, Erick di posisi teratas Cawapres dalam semua simulasi terbuka. Dalam simulasi 19 nama, Erick menjadi Cawapres yang paling banyak dicoblos warga Jatim dengan angka 17,2 persen. Mengungguli Khofifah Indar Parawansa 15,1 persen, Mahfud MD 11,5 persen, dan Ridwan Kamil 9,2 persen.

Dalam simulasi 5 nama, Erick kembali mengemuka dengan angka 24,7 persen. Membawahi Khofifah 24,4 persen dan Ridwan Kamil 15,8 persen.

Baca juga : Survei Terbaru Indikator: Erick Thohir Layak Dipilih Ganjar Dan Prabowo

Saat ditanya siapa yang paling pantas menjadi Cawapres Ganjar, sebanyak 20,1 persen warga Jatim mengajukan Erick. Alasannya, Ketum PSSI itu dinilai berkinerja baik. Khofifah dan Ridwan Kamil, memperoleh suara 18,5 persen dan 13,5 persen.

Tak cuma moncer di bursa Cawapres untuk Ganjar, Erick juga paling mengkilap di daftar Cawapres untuk Prabowo. Erick unggul dengan angka 22,7 persen. Bobot penilaian tertingginya sama, berkinerja baik. Di belakang Erick, Khofifah dan Gibran membuntuti, masing-masing dengan angka 20,6 persen dan 9,7 persen.

Kenapa Erick lebih disukai warga NU? Direktur Utama Rakyat Merdeka Group Kiki Iswara Darmayana yang jadi pembicara dalam rilis survei tersebut, memberikan beberapa pandangan. Kiki melihat adanya kepercayaan warga NU terhadap Erick. Selain karena keluarga NU, Erick juga sering membuat program yang bertujuan menyejahterakan pondok pesantren. 

"Kelihatannya sudah ada chemistry antara warga NU di Jatim dengan Mas Erick," ucap Kiki, yang menjadi penanggap di acara ini. 

Diketahui, Erick merupakan anggota Dewan Kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), salah satu badan otonom Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pada peringatan satu abad NU yang digelar tahun ini, Erick didapuk sebagai ketua panitia. 

"Memang warga NU makin rasional dalam memilih orang yang akan memimpin negeri ini, tentu yang bisa mengayomi mereka yang ada di Jawa Timur," ucap Kiki. 

Baca juga : Relawan Kowarteg Ganjar Ajak Puluhan Masyarakat Senam Aerobik Di Jakarta Barat

Di acara yang sama, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf mengulas alasan kenapa elektabilitas Erick bisa unggul dari Khofifah. Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu, melihat mayoritas masyarakat Jatim yang puas dengan kinerja Khofifah masih menginginkan Ketum Muslimat NU itu, memimpin Jatim.

"Saya melihat Bu Khofifah berhasil di Jatim, saya melihat angka-angka juga. Sehingga dalam pilpres, pendukungnya tidak semua solid Bu Khofifah berangkat ke Jakarta," terangnya.

Sementara Erick, nilai Gus Ipul, memang cukup istimewa di kalangan kiai. Terutama sejak aktif bergabung di Banser. Namanya juga harum di kalangan pecinta sepak bola sejak jadi Ketum PSSI.

"Pak Erick kemudian memang istimewa sekali, karena rajin ke kiai, kemudian jadi Ketum PSSI, banyak program BUMN kerja sama dengan pesantren," jelas mantan Wakil Gubernur Jawa Timur itu. 

Hal senada juga disampaikan Guru Besar FISIP Universitas Airlangga Prof Hotman Siahaan. Menurutnya, wajar jika Erick diunggulkan sebagai Cawapres. Sebab, prestasi Erick sebagai Menteri BUMN dan Ketum PSSI tidak lagi diragukan. 

"Jadi saya lebih sepakat menyatakan rasionalitas warga NU semakin meninggi. Makin kuat menentukan dalam konteks ranah politik yang dianggap punya kemampuan lebih untuk mengayomi," ucap Prof Hotman. 

Baca juga : Dianggap Pas Dampingi Ganjar, Pengamat: Andika Punya Modal Diplomasi Pertahanan

Di tempat berbeda, Wakil Ketua Umum Gerindra Irfan Yusuf menegaskan semua nama yang masuk radar Cawapres Prabowo masih berpeluang. "Sampai diumumkannya tidak ada peluang tertutup bagi siapapun yang masuk radar kita, ya masih mungkin bisa terpilih," tandas politisi yang akrab disapa Gus Irfan itu, saat dihubungi Rakyat Merdeka, Minggu (1/10/2023).

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengapresiasi sosok Erick yang punya elektabilitas tinggi di bursa Cawapres. Namun, untuk dipinang sebagai Cawapres Ganjar, kata dia, cukup sulit.

Kenapa?" Peluang Erick bagus sih, cuma PAN yang menjagokan Erick sudah bergabung mengikat diri dengan Pak Prabowo, gimana dong?" pungkasnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (2/10), dengan judul “Layak Dipilih Ganjar Atau Prabowo, Erick Disukai Warga NU”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.