Dark/Light Mode

Prediksi Zulfan Lindan

Jokowi Lebih Pilih Erick Yang Mau Pontang-Panting

Senin, 16 Oktober 2023 07:55 WIB
Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Setpres)
Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan politisi NasDem Zulfan Lindan yakin, Presiden Jokowi tidak akan mengkhianati amanat undang-undang, dengan menjagokan Gibran Rakabuming Raka - putra sulungnya yang kini menjabat Wali Kota Solo - sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto. Sekalipun hari ini, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan tuntutan batas minimal usia capres-cawapres menjadi 35 tahun.

Zulfan memprediksi, Jokowi lebih mengutamakan anak emasnya di kabinet, Menteri BUMN Erick Thohir.

"Erick ini salah satu menteri yang loyal dan mau capek. Mau pontang-panting penting membantu apa pun yang diinstruksikan Presiden Jokowi," kata Zulfan kepada wartawan, Senin (16/10/2023).

Zulfan menambahkan, Jokowi sepertinya akan meng-endorse Erick. Karena Ketua Umum PSSI itu dinilai memiliki komitmen melanjutkan program pemerintahan sekarang.  Sama seperti Prabowo.

Baca juga : Malam Ini, Presiden Jokowi Terima Mantan Mentan SYL Di Istana

"Jokowi punya prinsip, kontinuitas program yang sudah dia jalankan, tidak boleh berhenti. Karena itu, dia membutuhkan orang yang konsisten dan punya komitmen, dalam melanjutkan pembangunan yang sudah dia lakukan. Dia melihat, komitmen itu ada pada Prabowo dan Erick," beber Zulfan.

Kalau benar Erick jadi cawapres pendamping Prabowo, Zulfan percaya, suara pendukung Jokowi akan mengalir kepada duet tersebut.

Tanpa diarahkan, pendukung setia Jokowi akan otomatis mendukung Prabowo-Erick.

"Pak Jokowi nggak perlu ngomong saya dukung Erick. Nggak perlu. Dukungan masyarakat akan berjalan, ketika Erick jadi wakil Prabowo. Masyarakat akan melihat, ada Jokowi di dalam Prabowo-Erick," tutur Zulfan.

Baca juga : Soal Posisi Mentan SYL, Jokowi: Ada Yang Punya Kontaknya? Coba Ditelepon

Alasan lainnya, Zulfan menilai, Erick punya elektabilitas dan kapabilitas tinggi sebagai cawapres. Mampu bekerja secara mumpuni.

"Prabowo-Erick itu, kans menangnya besar," tegas Zulfan.

Sering Begitu

Zulfan sepenuhnya yakin, Jokowi tidak akan mendukung putra sulungnya yang menjabat Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka maju di Pilpres 2024 mendatang.

"Pak Jokowi kan sering begitu. Orang berpendapat, dia akan ke kanan. Tapi, tiba-tiba dia ke kiri, atau di tengah aja gitu," ungkapnya.

Empat Nama

Baca juga : Jokowi Soal Rumitnya Perpres Publisher Rights: Yang Satu Mau, Yang Satu Nggak

Dalam konferensi pers di kediamannya di Jl Kertanegara IV, Jakarta pada Jumat (13/10/2023), Prabowo menyampaikan, kandidat cawapres saat ini sudah mengerucut ke empat nama. Tiga dari Jawa, satu dari luar Pulau Jawa.

"Empat nama yang bisa saya sampaikan, ada calon dari luar Jawa, satu calon dari Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, satu calon dari Jawa Timur," papar Prabowo.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.