Dark/Light Mode

Kenalkan Sosok Ganjar, Relawan Buruh Gelar Ketoprak Tobong di Yogyakarta

Senin, 16 Oktober 2023 08:22 WIB
Relawan Buruh Sahabat Ganjar menggelar pentas seni pertunjukan Ketoprak Tobong di 4 lokasi sekaligus di berbagai tempat di Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: Istimewa)
Relawan Buruh Sahabat Ganjar menggelar pentas seni pertunjukan Ketoprak Tobong di 4 lokasi sekaligus di berbagai tempat di Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Buruh Sahabat Ganjar menggelar pentas seni pertunjukan Ketoprak Tobong di 4 lokasi sekaligus di berbagai tempat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pentas perdana Ketoprak Tobong Suryo Bawono digelar di Lapangan Panjatan Kulon Progo, Minggu (15/10).

Terlihat ribuan warga Kulon Progo memenuhi Lapangan Panjatan gratis tanpa dipungut biaya.

Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Ganjar Andi Gani Nena Wea mengatakan, pertunjukan Ketoprak Tobong ini selain untuk memberi hiburan bagi masyarakat di pedesaan juga sebagai ajang silaturahmi sesama masyarakat.

Andi Gani menilai, pesta demokrasi Pemilu 2024 tidak perlu disikapi dengan penuh ketegangan yang memicu terjadinya konflik.

Baca juga : Kenalkan Ganjar, Relawan AkuGanjar Fokus Lakukan Pendekatan Berbasis Komunitas

Menurutnya, Pemilu harus direspon dengan penuh suka cita dilandasi hati dan pikiran yang jernih penuh tanggung jawab, dilandasi nilai-nilai Pancasila dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika.

"Pesta demokrasi jangan diwarnai dengan adu pukul, mari kita saling merangkul, hormat menghormati meski berbeda partai politik atau calon kandidat presiden. Kita satu bangsa, satu Tanah Air. Semoga sajian pentas ketoprak ini tidak saja menghibur tapi juga memupuk kebersamaan kita semua," kata Andi Gani kepada wartawan, Minggu (15/10).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) ini mengakui dalam pementasan Ketoprak Tobong ini, sosok Ganjar Pranowo juga diperkenalkan ke masyarakat.

Bagi Andi Gani, sosok Ganjar Pranowo punya rekam jejak yang bagus, bersih dari korupsi kolusi dan nepotisme, cekatan dalam bekerja dan dinilai paling releated untuk melanjutkan pondasi pembangunan yang telah diletakkan Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Sahabat Ganjar Dan KawanJuang GP Sukses Gelar Turnamen Esport Serentak Di 3 Kota

Selain itu, Ganjar adalah pemimpin supel, akomodatif dan memiliki komitmen tinggi untuk peningkatan kesejahteraan kaum buruh.

"Saat menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar punya banyak kebijakan yang menguntungkan eksistensi kaum buruh. Kami berharap Mas Ganjar Pranowo sekiranya terpilih menjadi presiden semakin meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan kaum buruh maupun masyarakat marjinal pada umumnya," tuturnya.

Sementara itu, Pimpinan Produksi Pentas Ketoprak Tobong Suryo Bawono Widihasto Wasana Putra mengatakan, pementasan ketoprak melibatkan sejumlah seniman terkemuka yakni Marwoto Kawer, Yati Pesek, Dalijo, Yu Beruk, Rini Wudiastuti, Hargi Sundari, Santoso, Mijanto.

Mereka adalah para pemain yang sudah puluhan tahun malang melintang dalam panggung seni pertunjukan ketoprak.

Baca juga : Relawan GBB Kampanye Goes To Pabrik, Ganjar Go To Istana

"Tak hanya itu kami juga melibatkan peran serta para pemain muda berbakat seperti Yanti Lemoe, Rika Anggita, Bambang KSR Ponang Merdugandang dan lainnya," katanya. Lakon yang diangkat dalam pementasan ini ada dua yakni 'Koalisi Prabangkara' dan 'Pulung Gusur' naskah karya Nano Asmorodono. Setelah Lapangan Panjatan Kulon Progo, pentas Ketoprak Tobong akan kembali digelar pada Minggu (22/10) di Lapangan Trihanggo Gamping Sleman.

Selanjutnya, akan diselenggarakan pada Minggu (5/11) di Cemplung Kidul Tamantirto Kasihan Bantul, serta pentas pungkasan pada Minggu (12/11) di Lapangan Tamanmartani Kalasan, Sleman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.