Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Pengamat Unila

Erick Punya Banyak Nilai Plus Buat Prabowo, Bisa Kerek Suara Di Luar Jawa

Kamis, 19 Oktober 2023 13:59 WIB
Menteri BUMN/Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN/Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik Universitas Lampung (Unila) DR Robi Cahyadi Kurniawan angkat bicara soal calon pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024, yang hingga kini belum diputuskan. Sejauh ini, menurutnya, hanya ada dua nama yang diunggulkan menjadi cawapres Prabowo. Yakni putra sulung Presiden Jokowi yang saat ini menjabat Wali Kota Solo: Gibran Rakabuming Raka dan Menteri BUMN/Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir.

Ketimbang Gibran, Robi lebih menjagokan Erick. Salah satu alasannya, pengalaman Gibran sebagai politisi masih tergolong minim.

Baca juga : Peneliti: Jika Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Anies Yang Diuntungkan

"Yang terkuat saat ini adalah Erick Thohir. Dia punya banyak nilai plus sebagai cawapres Prabowo. Erick punya kapasitas sebagai menteri, politisi, dan pengusaha. Dia juga tokoh nasional yang berasal dari luar Jawa, yaitu Lampung Palembang," papar Robi kepada RM.id, Kamis (19/10/2023).

"Merujuk teori etnisitas dalam gelaran pilpres, Erick bisa diandalkan untuk mendulang suara pemilih di luar pulau Jawa," ulasnya.

Baca juga : Pengamat Politik: Perkuat Prabowo, Yusril Bisa Ambil Ceruk Suara Islam

Robi berpandangan, politik identitas, khususnya etnis memainkan person yang cukup kuat di Indonesia. Sehingga, berpengaruh besar dalam pemenangan pilpres.

"Jika Pak Prabowo memang ingin menarik simpati suara di luar Pulau Jawa, saat ini saya melihat Erick Thohir sebagai pilihan utama cawapres untuk beliau," tegas Robi.

Baca juga : Pengamat: Naiknya Harga Minyak Dunia Bisa Berdampak ke Harga BBM

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.