Dark/Light Mode

Siapa Cawapres Yang Paling Cocok Buat Prabowo? Ini Kata Survei LSI

Kamis, 19 Oktober 2023 19:42 WIB
Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)
Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Spekulasi mengenai siapa yang akan menjadi cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024, masih terus bergulir. Prabowo menjadi satu-satunya capres, yang belum mendeklarasikan diri bersama pasangannya, untuk bertarung di pesta demokrasi lima tahunan. 

Terkait hal ini, Direktur Eksekutif Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan memperkirakan, Ketua Umum Partai Gerindra itu akan memilih satu di antara tiga pilihan: Menteri BUMN/Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, atau putra sulung Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

LSI pun mencoba mensimulasikan tiga kemungkinan tersebut, bila berhadapan dengan Ganjar-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. “Bila yang dipilih Prabowo adalah Erick Thohir, maka dalam simulasi tiga nama, Prabowo-Erick meraih elektabilitas tertinggi dengan angka 38 persen. Mengungguli Prabowo-Khofifah Indar Parawansa 32,3 persen dan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka 22,9 persen,” jelas Djayadi dalam keterangan virtual, Kamis (19/10/2023).

Baca juga : Golkar Tentukan Cawapres Prabowo di Rapimnas, Sabtu Depan

Jika yang dipilih adalah Khofifah, Prabowo tetap teratas dengan angka 36,3 persen. Namun, keunggulannya menipis 1,7 persen bila dibanding bersanding dengan Erick Thohir. Angka ini tetap di atas Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin, yang masing-masing mengantongi angka 33 persen dan 23,4 persen.

“Keunggulan ini tidak signifikan, karena hanya unggul 3,3 persen atas Ganjar-Mahfud,” jelas Djayadi.

Bagaimana jika yang dipilih adalah Gibran? Dalam penelitian sebelum putusan Mahkamah Konstitusi (MK), yang mengizinkan seseorang yang belum berusia 40 tahun dapat maju Pilpres, asalkan memiliki pengalaman sebagai kepala daerah, Prabowo-Gibran memberikan angka yang sama dengan opsi Prabowo-Khofifah. Elektabilitasnya sama-sama 36 persen. Membawahi Ganjar-Mahfud 33,1 persen dan Anies-Muhaimin 23,5 persen.

Baca juga : Erick Punya Banyak Nilai Plus Buat Prabowo, Bisa Kerek Suara Di Luar Jawa

“Secara umum, siapa pun yang dipilih Prabowo, dia tetap unggul tipis dibanding Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin. Keunggulan menjadi cukup signifikan, jika Prabowo memilih Erick,” tegas Djayadi.

Survei nasional LSI ini dijalankan pada 2-8 Oktober 2023 dengan melibatkan 1.620 responden yang terpilih secara random (multistage random sampling), dari populasi seluruh WNI yang sudah memiliki hak pilih: berusia 17 tahun atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Margin of error dari ukuran sampel tersebut berada di angka +/- 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling).

Baca juga : Mahfud Jadi Cawapres Ganjar, Ini Kata Hary Tanoe

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara, dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor, dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control, tidak ditemukan kesalahan berarti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.