Dark/Light Mode

Adu Kuat Ganjar-Mahfud Vs Anies-Imin, Intip Survei Terbaru Dan Respons Di Medsos

Jumat, 20 Oktober 2023 11:58 WIB
Ilustrasi adu kuat Ganjar-Mahfud versus Anies-Imin. (Foto: kolase foto Instagram)
Ilustrasi adu kuat Ganjar-Mahfud versus Anies-Imin. (Foto: kolase foto Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua pasang capres-cawapres sudah mendaftarkan diri ke KPU, kemarin (19/20). Yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Lalu bagaimana elektabilitas keduanya jika diadu?

Jika merujuk hasil survei terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI), Ganjar-Mahfud masih lebih unggul dibandingkan Anies-Imin.

Ganjar-Mahfud menoreh elektabilitas 33,1 persen. Sementara Anies-Imin 23,5 persen.

Meskipun demikian, Ganjar-Mahfud ternyata masih kalah jika berhadapan dengan duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mampu meraup elektabilitas 36 persen.

Bahkan ketika Prabowo berduet dengan Erick Thohir, elektabilitasnya lebih tinggi lagi, yakni 38 persen. Sementara jika berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa, tingkat keterpilihannya mencapai 36,3 persen.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Menang, Indonesia Emas 2045 Di Depan Mata

Peneliti LSI Djayadi Hanan mengatakan survei ini digelar sebelum putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan Cawapres berusia di bawah 40 tahun asalkan pernah menjabat sebagai kepala daerah. 

Periode survei berlangsung antara tanggal 2-8 Oktober 2023 terhadap 1.620 responden. Target populasi survei WNI berusia 17 tahun atau sudah menikah.

"Kita belum memperhitungkan reaksi publik terhadap putusan MK, bisa saja angka-angka ini berubah kalau kita melakukan survei setelah putusan MK," kata Djayadi, Kamis (19/10).

Ia menyebutkan bahwa survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan pewawancara yang terlatih. Margin of error ±2,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Adu Kuat Ganjar-Mahfud Vs Anies-Imin Di Media Sosial

Jumlah Follower Capres Di Instagram:

Baca juga : Massa Ganjar-Mahfud Siap Bergerak Ke KPU, Sekarang Menyemut Di Tugu Proklamasi

Ganjar (@ganjar_pranowo): 6,3 juta pengikut

Anies (@aniesbaswedan): 6 juta pengikut

Jumlah Follower Cawapres Di Instagram:

Muhaimin (@cakiminnow): 2,2 juta pengikut

Mahfud (@mohmahfudmd): 1,1 juta pengikut

Jumlah Suka Dan Komentar Momen Pendaftaran Capres-Cawapres Ke KPU Di Instagram

Baca juga : Pendaftaran Capres-Cawapres, Anies-Imin Naik Land Rover Dari NasDem Tower Ke KPU

Hingga berita ini ditulis, postingan foto pendaftaran capres-cawapres Ganjar-Mahfud ke KPU, Kamis (19/10) lalu di akun @ganjar_pranowo menuai 369.423 suka dan 12.448 komentar.

Sementara Anies-Imin yang memosting momen pendaftaran capres-cawapres ke KPU ke dalam dalam beberapa video di akun @aniesbaswedan. Salah satu postingan video dengan respons netizen paling banyak mendulang 208.811 suka dan 10.941 komentar.

Setelah melihat data head to head Ganjar-Mahfud versus Anies-Imin, baik melalui survei elektabilitas terbaru maupun reaksi publik di media sosial, pasangan Ganjar-Mahfud sejauh ini masih unggul dibandingkan Anies-Imin. Lalu siapa jagoan Anda?

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.