Dark/Light Mode

Dites 50 Dokter RSPAD, Anies Kasih Jempol, Imin Pose Kungfu

Minggu, 22 Oktober 2023 08:30 WIB
Pasangan Capres-Cawapres, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat akan melakukan tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. (Foto: Instagram Muhaimin Iskandar)
Pasangan Capres-Cawapres, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat akan melakukan tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. (Foto: Instagram Muhaimin Iskandar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar melakukan tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Anies-Imin dites oleh 50 dokter. Menghadapi pemeriksaan kesehatan, Anies kasih jempol, sedangkan Imin berpose kumpu.

Anies-Imin jalan masing-masing ke RSPAD. Anies berangkat dari kediamannya, di Jalan Lebak Bulus II Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan. Sedangkan Imin dari rumah dinad di Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Karena lebih dekat, Imin yang menggunakan SUV dengan nomor polisi B 1 PKB, tiba sekitar pukul 06.50 WIB. Selang berapa menit, mobil dengan nomor polisi B 7777 AR datang membawa Anies. Keduanya kompak mengenakan kemeja putih yang dipadukan hitam.

Anies-Imin langsung masuk ke dalam gedung medical check up RSPAD untuk berganti busana mengenakan kimono berwarna hijau milik rumah sakit. Setelah berganti pakaian, mereka kembali keluar untuk menyapa awak media.

Anies mengambil sisi sebelah kiri, sementara Imin ada di sisi kanan. Keduanya kompak melambaikan tangan dan tersenyum kepada wartawan dan fotografer. Sadar akan kamera, Imin kemudian memasang kuda-kuda dan menyilangkan kedua tangan, layaknya pendekar kungfu. Mengetahui kelakuan pasangannya, Anies hanya tersenyum dan memberikan jempol.

Baca juga : Setelah Ketemu PKS, Anies-Imin Plong

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian menggandeng Imin, bergaya kepada wartawan dengan memamerkan salam perubahan dengan mengepalkan tangan bersama. Mereka pun meminta izin untuk meninggalkan area teras dan menuju ke dalam lokasi pemeriksaan kesehatan.

Anies-Imin tak ada persiapan khusus menghadapi tes kesehatan. Anies mengaku santai, karena sebelumnya pernah melakukan hal serupa sebelum bertarung di Pilgub DKI Jakarta. "Sama saja rasanya. Datang ke rumah sakit, bertemu dokter. Santai-santai saja. 10 jam ikuti prosesnya tidak terasa," tuturnya.

Sama seperti Anies, Imin pun tak memiliki persiapan khusus. Dia hanya puasa jelang pemeriksaan tes kesehatan. Ketua Umum PKB ini juga menyebut telah mengisi lembar form terkait kondisi kesehatannya.

"Kesiapan semuanya secara khusus tidak ada yang dikhawatirkan. Kan ada pengisian soal obat-obatan, keluhan, semuanya its okay. Mudah-mudahan berjalan lancar. Tidak ada keluhan sakit," kata Imin.

Usai 9 jam diperiksa, sekitar pukul 04.00 WIB, pasangan ini keluar. Kata Anies, tes kesehatan yang dilakukan oleh tim dokter RSPAD berjalan dengan cepat, singkat, dan efisien. "Sebenarnya tidak ada waktu yang lama, yang lama hanya antreannya. Jadi bergantian tempatnya, proses cepat dan tidak ada yang lama," ujarnya.

Baca juga : Johnny G Plate Tersangka, FMPRK Kasih Dua Jempol Buat Kejagung

Baik Anies maupun Imin tidak mengalami masalah selama pemeriksaan berlangsung. Pemeriksaan berjalan lancar, dan keduanya tampak tenang saat berbicara dengan awak media. "Tidak ada masalah, semuanya lancar. Sekarang kami menunggu hasil tes kesehatan," kata Anies.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen DR Budi Sulistya mengatakan, tujuan pemeriksaan ini semata-mata untuk menjalankan undang-undang. Yakni, Capres-Cawapres harus sehat jasmani, rohani, dan bebas dari penggunaan narkoba. 

“Adapun, tim dokter yang melakukan pemeriksaan, kurang lebih sekitar 50 orang dokter. Baik yang langsung terlibat maupun di dalam kepanitiaan. Pemeriksaan dilaksanakan kurang lebih 8-10 jam," katanya.

Ia memastikan, prinsip pemeriksaan yang dilakukan oleh pihaknya ini dipastikan profesional, independen, dan dapat dipercaya. "Ini menjadi hal yang sangat basic dan sangat prinsip, rutin kami laksanakan," imbuhnya.

Tim dokter RSPAD yang memeriksa Anies-Imin telah melakukan sidang pleno, untuk menyimpulkan hasil tes kesehatan pasangan ini. "Sesuai dengan mandat dari KPU, kami melakukan sidang pleno, tetapi hasil tetap akan kami serahkan setelah seluruh rangkaian paslon selesai," katanya.

Baca juga : Kemenkes: STR Dokter Seumur Hidup Tak Timbulkan Praktik Dokter Dukun

Sementara, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja langsung hadir ke RSPAD untuk mengawasi proses tes kesehatan agar berjalan dengan lancar. Kehadiran Bawaslu di RSPAD sesuai dengan tugas dan wewenang, yakni sebagai pengawas Pemilu. Sehingga, setiap tahapan akan selalu diawasi Bawaslu.

Ia menyebut, tim dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada bakal Capres-Cawapres berlatar belakang TNI maupun Polri. Hal tersebut dinilai menjadi salah satu bukti netralitas. 

Sekjen PKS, Habib Aboe Bakar Al-Habsyi memastikan, pasangan yang diusung Koalisi Perubahan dalam keadaan sehat walafiat. Padahal, sejak kemarin agendanya cukup padat. 

"Pastinya para paslon kita ini ada atensi penuh dan perhatian, tapi namanya orang sibuk tetap sibuk saja biar puasa sambil jalan tapi anda lihat fresh semua kan tadi, Pak Anies kelihatan. Emang berkelas calon kita," cetus Aboe. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.