Dark/Light Mode

AMIN Dapat Tambahan Peluru Dari Kiai Said

Selasa, 24 Oktober 2023 08:54 WIB
Dari kiri: KH Said Aqil Siradj, Anies Baswedan, dan Muhaimin Iskandar. (Foto: Istimewa)
Dari kiri: KH Said Aqil Siradj, Anies Baswedan, dan Muhaimin Iskandar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj memberikan dukungan kepada duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias AMIN. Kiai Said menyebut, duet AMIN ideal karena merupakan perwakilan kaum santri. Dukungan dari Kiai Said ini seperti tambahan peluru bagi AMIN untuk menggaet warga Nahdliyin.

Dukungan kepada AMIN disampaikan Kiai Said di sela resepsi puncak peringatan Hari Santri Nasional, di Ponpes API Tegalrejo, Magelang, Minggu (22/10/2023) malam. Acara bertajuk Santri Bersholawat ini dihadiri sekitar 10 ribu santri. Anies-Imin hadir juga di acara ini.

Said mengatakan, Anies merupakan cucu salah satu pahlawan nasional, Abdurrahman (AR) Baswedan yang berasal dari Kuningan, Jawa Barat. Kata dia, AR Baswedan memiliki peran untuk mencari dukungan dunia internasional dari negara-negara di kawasan Timur Tengah untuk kemerdekaan Indonesia. 

"Kakeknya Pak Anies itu pahlawan nasional. Yang hubungkan, pergi ke Timur Tengah mencari dukungan kemerdekaan Indonesia. Ke Palestina bertemu Mufti Palestina Amin Al Husaini. Pergi ke Mesir, ke Saudi. Itu kakeknya Pak Anies, mencari dukungan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945," kata Kiai Said.

Sementara, Muhaimin adalah cicit pendiri NU yang juga pahlawan nasional, KH Bisri Syansuri. Menurut Said, Anies dan Imin adalah santri. "Para Nahdliyin pastinya sudah ngerti mana yang santri, mana yang bukan," ucapnya.

Baca juga : BRIN Dan Bapanas Panen Padi Varietas Unggul Benih Di Subang

Dia lalu mendoakan Anies dan Muhaimin  terpilih menjadi Presiden Dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024. "Yang saya banggakan, panglima santri, mantan tetangga saya, Gus Abdul Muhaimin Iskandar, Insya Allah Wakil Presiden tahun 2024-2029," ujar Kiai Said.

Pengasuh Ponpes Luhur Al-Tsaqafah ini juga memompa semangat seluruh santri untuk percaya diri. Dia menyebut, santri sebetulnya sangat kaya. Karena santri adalah sosial kapital yang punya potensi besar mewarnai Indonesia.

"Kita ini kaya, katanya santri Indonesia jumlahnya 4 juta lebih. Punya ayah punya ibu, punya anak, saudara, sudah berapa itu. Ini kekayaan ijtimaiyah miliknya para santri. Kalau di-manage dengan baik, kalau ditertibkan dengan baik, kalau solid, pasti, yakin Pak Anies dan Pak Muhaimin menang," ujar Said.

Dia melanjutkan, tugas kiai dan santri adalah memilih pemimpin yang benar. "Kapan lagi kalau bukan sekarang? Menang itu wajib, kalah itu dosa," ujarnya.

Setelah Kiai Said, Anies gentian pidato. Dia rasa bangga dan takjub terhadap sambutan meriah para santri terhadap duet AMIN. 

Baca juga : FIFA Matchday, The Yanks Terus Belajar Dari Kesalahan

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, momen peringatan Hari Santri Nasional 2023 membuat para santri semakin sukses di masa mendatang. "Semua santri harus bersiap terjun langsung menjadi pemimpin di semua sektor di tengah masyarakat," kata Anies.

Anies menjelaskan, beberapa sektor yang harus direbut para santri di masa mendatang. Mulai menjadi pengusaha raksasa, menjadi ulama yang tersohor di dalam dan luar negeri, hingga menjadi pemimpin di semua sektor.

"Tugas kita hari ini bukan hanya memahami sejarah, tapi menciptakan sejarah baru. Selama ini, santri menjadi objek, maka pada perayaan Hari Santri Nasional ini, kita harus menjadi subjek," papar Anies.

Anies memastikan, duet AMIN berkomitmen untuk memajukan kehidupan santri dan pondok pesantren. Bagi dia, pemerintah harus berperan aktif dan memfasilitasi pondok pesantren menjadi lebih baik lagi. "Pemerintah harus memberikan kesetaraan kesempatan sehingga lulusan pesantren bisa menuntut ilmu di perguruan tinggi terbaik di negeri ini dan dunia,” ucapnya.

Dengan dukungan tersebut, apakah Kiai Said akan masuk dalam Timnas Pemenangan AMIN? Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan, banyak tokoh masyarakat yang akan masuk dalam Timnas AMIN. "Tunggu saja, nanti teman-teman bisa lihat sendiri," ujar Willy, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/10/2023).

Baca juga : Bagnaia Torehkan Sejarah Di Mandalika

Willy lalu menyinggung mengenai pertemuan Anies dengan sejumlah tokoh. Kata dia, silaturahmi tersebut dalam spirit menjemput yang berserakan untuk agar tidak ada yang ditinggalkan. Willy menyebut, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan sejumlah tokoh dalam penyusunan Timnas Amin. 

Dukungan Kiai Said kepada AMIN menjadi pembicaraan warganet di jagat Twitter. Akun @linier memberikan acungan jempol. "Kiai Said Aqil aja yakin pasangan AMIN menang," cuitnya.

Akun @cakbalqin ikut senang melihat sikap Kiai Said. "Kiai Said orang yang dipilih Gus Dur untuk meneruskan perjuangan menjaga NU. Sehat selalu Kiai Said," doanya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Selasa (24/10), dengan judul “AMIN Dapat Tambahan Peluru Dari Kiai Said”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.