Dark/Light Mode

Ganjar-Mahfud Peduli Kesehatan, Stunting Dihajar, Kanal Kesehatan Mental Dibuka

Jumat, 27 Oktober 2023 10:55 WIB
Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (Foto: Instagram)
Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyadari pentingnya aspek kesehatan untuk mempercepat pembangunan manusia Indonesia unggul yang berkualitas, produktif, dan berkepribadian. Sebagai fondasi utama menuju Indonesia Unggul.

“Indonesia Unggul merupakan kehendak bahwa Indonesia tidak hanya sekedar menjadi negara maju, tidak sekedar menjadi kuat, tidak sekedar berdaya saing. Lebih dari itu, peningkatan kemajuan, kekuatan dan daya saing yang dicapai harus dapat melebihi atau melampaui apa yang dicapai oleh negara lain. Unggul menggambarkan kondisi pencapaian yang lebih nyata, serta tidak berasumsi dan menganggap hal lain diam atau tetap,” kata Ganjar-Mahfud dalam dokumen Visi dan Misi Calon Presiden & Calon Wakil Presiden: Menuju Indonesia Unggul, Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim Yang Adil dan Lestari. Dalam visi misinya, Ganjar-Mahfud mengusung aspek Kesehatan Jiwa dan Raga, yang terdiri dari lima poin penting.

Baca juga : Wali Kota Seoul Anugerahi Gelar Warga Kehormatan Untuk Dubes Sulis

Berikut rincian aspek Kesehatan Jiwa dan Raga, dalam visi misi yang diusung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024:

1. 1 Desa — 1 Puskesmas/Pustu – 1 Dokter/Nakes

Rakyat harus mudah mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama. Memetakan kebutuhan penyediaan ataupun revitalisasi puskesmas di setiap desa. Disertai dengan ketersediaan dokter, tenaga kesehatan, dan obat esensial, serta percepatan digitalisasi layanan kesehatan (telemedicine).

2. Layanan Konsul Keliling (KOLING)

Baca juga : Survei Terbaru: Ganjar-Mahfud Teratas, AMIN Diprediksi Kandas Di Putaran Pertama

Tenaga kesehatan berkeliling dari pintu ke pintu rakyat, untuk memberikan pelayanan dan pendataan status kesehatan, serta asistensi rujukan.

3. Ibu Sehat, Anak Sehat

Dukungan gizi dan akses layanan kesehatan selama masa kehamilan dan menyusui. Program 1.000 hari pertama, serta pasokan gizi untuk anak hingga usia lima tahun. Dengan target prevalensi tengkes (stunting) di bawah 9 persen, serta ibu dan ayah menjadi penjaga kesehatan keluarga.

4. Penguatan Kesehatan Mental

Baca juga : Genjot Produktivitas, BTN Komit Jaga Kesehatan Mental Pegawai

Ganjar-Mahfud akan menyediakan nomor darurat 24 jam 7 hari seminggu bebas biaya, dan membentuk lembaga komunikasi krisis untuk menangani masalah kesehatan mental secara responsif dan holistik, dengan membangun pos-pos konseling di semua kampus, layanan kesehatan jiwa di semua puskesmas, dan fasilitas layanan jiwa di seluruh rumah sakit umum.

5. Perluasan & Kemudahan Layanan Kesehatan

Menetapkan standar waktu pelayanan pasien BPJS Kesehatan mulai dari pendaftaran, pemeriksaan oleh dokter, hingga penebusan obat baik di posyandu, puskesmas, juga rumah sakit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.