Dark/Light Mode

Gibran Rakabuming Raka, Riwayat Pendidikan Dan Prestasinya Selama Memimpin Solo

Jumat, 27 Oktober 2023 20:50 WIB
Gibran Rakabuming Raka disambut massa pendukungnya. (Foto: dok. Gerindra)
Gibran Rakabuming Raka disambut massa pendukungnya. (Foto: dok. Gerindra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gibran Rakabuming Raka (36), putra sulung Presiden Jokowi yang saat ini menjabat Wali Kota Solo adalah cawapres termuda yang kita punya. Setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menerbitkan putusan Nomor 90/PUU-XXI/2023, yang membolehkan orang di bawah 40 tahun mencalonkan diri sebagai calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres), asalkan berpengalaman menjadi kepala daerah, mengacu pada putusan nomor 112/PUU/XX/2022.

Cawapres termuda sebelumnya adalah Sandiaga Uno, yang juga menjadi pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Kala itu, usia Sandi 49 tahun.

Menarik untuk mengetahui riwayat pendidikan Gibran, serta prestasinya selama menjabat Wali Kota Solo.

Dihimpun dari berbagai sumber, Gibran mengenyam pendidikan di Indonesia, hanya sampai tingkat SMP.

Politisi kelahiran 1 Oktober 1987 itu tercatat sebagai alumnus Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Mangkubumen Kidul dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta.

Memasuki SMA, Gibran merantau ke Singapura. Melanjutkan pendidikan ke Orchid Park Secondary School, sekolah unggulan yang fokus pada bidang seni visual, pertunjukan, dan kepemimpinan muda di masyarakat.

Baca juga : Profil Gibran Rakabuming Raka, Cawapres Termuda Jagoan Koalisi Indonesia Maju

Setamat dari Orchid Park Secondary School, Gibran menimba ilmu di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan lulus pada 2007.

Lalu melanjutkan studi ke program Insearch di University of Technology, Sydney, Australia dan lulus pada 2010.

Bapak dua anak  yang pernah menjabat Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo, juga dikenal sebagai pebisnis kuliner.

Tahun 2010, suami Selvy Ananda mencoba peruntungan pertama di bisnis kuliner, lewat Chili Pari, yang merupakan bisnis katering untuk keperluan hajatan seperti pernikahan. 

Setelahnya, Gibran mendirikan Markobar, Pastel Buntel, Goola, Mangkokku, dan Siap Mas.

Prestasi Selama Memimpin Solo

Bukan cuma riwayat pendidikannya yang bikin orang penasaran, prestasi Gibran selama memimpin Solo juga banyak menarik minat publik.

Baca juga : MMB UI Jalin Kerja Sama Dengan Tsinghua University

Berikut rinciannya, seperti disampaikan dalam dokumen Visi Misi Capres-Cawapres Prabowo-Gibran:

1. Solo dinobatkan sebagai kota ternyaman di Indonesia

Dalam penilaian yang dilakukan situs akademi Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) pada 2022. Kota Solo meraih peringkat partama kota ternyaman di Indonesia, dengan poin rata-rata sebesar 77.

2. Solo memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi untuk kategori kota di Jawa Tengah

Pertumbuhan ekonomi Solo melejit hingga 6,25 persen pada tahun 2023. Jauh di atas pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang hanya 5,31 persen.

3. Solo menjadi kota dengan peringkat ke-4 tertinggi dalam laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022

Baca juga : Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Jokowi: Orang Tua Tugasnya Mendoakan Dan Merestui

Kota Solo terus menunjukkan tren positif sebagai kota toleran, akibat kebijakan pemberian ruang untuk merayakan hari besar keagamaan di kawasan Balai Kota Solo.

4. Kawasan kumuh Solo berkurang 70 persen dalam 4 tahun

Luasan kawasan kumuh di Solo berkurang hampir 70 persen, dari semula 359,55 hektar pada 2017 menjadi 118 hektar pada 2021.

5. 96 persen masyarakat Solo puas dengan kinerja Gibran

Kepuasan dengan jumlah skor 1.709 diambil dari 560 responden ini, terutama diperoleh dalam sektor pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.