Dark/Light Mode

Wacananya KPU

Debat Capres Cawapres Digelar Di Luar Jakarta

Jumat, 3 November 2023 06:45 WIB
Komisioner KPU Bidang Divisi Hukum Mochammad Afifuddin. (Foto: Antara)
Komisioner KPU Bidang Divisi Hukum Mochammad Afifuddin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang membahas lokasi debat calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024. Rencananya, adu gagasan tersebut digelar di luar Jakarta.

“Kita (KPU) sedang diskusikan adalah tempat debat. Biasanya, semua di Jakarta. Sekarang ada wacana tidak semua di Jakarta,” ujar Komisioner KPU Bidang Divisi Hukum Mochammad Afifuddin di Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Afif mengatakan, opsi debat di luar Jakarta masih harus dikomunikasikan dengan masing-masing pasangan calon (paslon) capres-cawapres.

Baca juga : Putusan MK Soal Usia Capres-Cawapres Ganggu Demokrasi

“Kalau kita usulkan ke satu kota di luar Jakarta keberatan atau tidak,” ucapnya.

Yang pasti, kata Afif, jumlah debat capres-cawapres sebanyak lima kali, sama seperti Pemilu 2019. Rinciannya, tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres.

Selain itu, mantan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ini me­mastikan, isu lingkungan menjadi salah satu tema prioritas dalam debat capres-cawapres. Saat ini, KPU sedang mem­bahas detail teknis debat.

Baca juga : Relawan Ganjar Banten Gelar Festival Layang-Layang

“KPU akan menyiapkan tim yang akan merumuskan permasalahan seputar lingkungan hidup untuk debat capres-cawapres,” katanya.

Afif mempersilakan masyarakat yang peduli pada isu lingkungan memberikan masukan dengan cara bersurat ke KPU. Nantinya, masukan itu akan diberikan kepada tim ahli sebagai perumus per­tanyaan.

“Terkait materi yang bisa jadi per­spektif kita untuk memberikan feed­ing terhadap para tim ahli, yang nanti kita jadikan sebagai pihak untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.