Dark/Light Mode

Wacananya KPU

Debat Capres Cawapres Digelar Di Luar Jakarta

Jumat, 3 November 2023 06:45 WIB
Komisioner KPU Bidang Divisi Hukum Mochammad Afifuddin. (Foto: Antara)
Komisioner KPU Bidang Divisi Hukum Mochammad Afifuddin. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Afif menambahkan, debat capres-cawapres akan dilaksanakan pada masa kampanye. Hanya saja, KPU belum menentukan secara pasti jadwal debat itu. KPU juga akan memastikan moderator debat merupakan personal yang netral.

“Moderator debat berasal dari kalan­gan profesional dan akademisi yang mempunyai integritas tinggi, jujur, dan tidak memihak kepada salah satu paslon,” ungkapnya.

Peneliti pada Departemen Politik dan Perubahan Sosial Center for Strategic and International Studies (CSIS), Edbert Gani Suryahudaya menilai, komitmen sektor politik terhadap isu polusi udara masih belum memadai. Dia mengingatkan, kesadaran masyarakat mengenai isu ini semakin meningkat.

Baca juga : Putusan MK Soal Usia Capres-Cawapres Ganggu Demokrasi

“Kepada para politisi yang mau meng-capture isu ini layak untuk diperbincang­kan,” kata Gani dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023).

Gani menilai, isu polusi udara per­lu menjadi perhatian setiap capres-cawapres. Masing-masing kandidat perlu memiliki gagasan untuk mengatasi persoalan tersebut.

Sebagai informasi, materi debat capres-cawapres merupakan visi nasional seba­gaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Yaitu, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahter­aan umum.

Baca juga : Relawan Ganjar Banten Gelar Festival Layang-Layang

Kemudian, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Selanjutnya, materi debat capres-cawapres diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Kampanye Pemilihan Umum, Pasal 54 ayat 1 dan 2.

KPU juga sudah menutup masa pendaf­taran capres-cawapres peserta Pilpres 2024. Total, ada tiga pasangan yang mendaftark. Yaitu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga : Ukir Kebaikan, Relawan Sintawati Gelar Kegiatan Sosial Di Jakarta

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 3/11/2023 dengan judul Wacananya KPU, Debat Capres Cawapres Digelar Di Luar Jakarta

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.