Dark/Light Mode

Dapil Jateng I

Kesaktian Banteng Diuji Manuver Gibran

Minggu, 19 November 2023 08:00 WIB
Dapil Jateng I Kesaktian Banteng Diuji Manuver Gibran

 Sebelumnya 
Caleg Petahana dari PKS, Wisnu Wijaya Adi, tak gentar meskipun harus kembali bertarung di kandang Banteng. Berbekal kepercayaan masyarakat melalui kerja-kerja maksimal dari akar rumput, dirinya optimis bisa kembali melenggang ke Senayan. “Insya Allah yakin. Kerja kami mulai dari giat advokasi, pembelaan atas aspirasi masyarakat, serta kehadiran kami di tengah-tengah kesulitan masyarakat selama ini, sangat dirasakan hasilnya,” kata anggota dewan pergantian antar-waktu (PAW) itu.

Dia pun mengingatkan kepada para kompetitornya di Jateng I untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, melalui kontestasi Pemilu. Wisnu menganggap mereka bukan lawan. Akan tetapi kawan dalam berkontestasi. “Untuk masyarakat, mari jadi pemilih cerdas. Lihat rekam jejak. Dan jangan mau terjebak pada money politic,” tegas dia, mewanti-wanti.

Baca juga : Mahfud Disambut Meriah

Seperti apa peluang petahana dan penantang baru berebut kursi DPR? Menurut pengamat politik dari Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan, pertarungan Pileg Dapil Jateng I bergantung pada Pilpres. Sebab, tokoh Jateng seperti Jokowi tak lagi bersama PDIP di perebutan kursi orang nomor satu di Indonesia.

“PDIP tentu akan berusaha mati matian untuk mempertahankannya. Namun, karena efek Pilpres, tentu itu tidak mudah. Gerindra, PKB, Golkar, dan yang lain, akan berusaha kuat menggoyang untuk dapat dan menambah kursi,” jelas Kacung kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (18/11/2023).

Baca juga : Mahfud Sowan Ke Gus Mus: Menyegarkan Batin, Menjernihkan Pikiran

Berbeda dengan Kacung, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah meyakini, di Jateng tanduk Banteng bakal tetap tajam. Pemicunya, pemilih PDIP terkenal loyal dibanding dengan partai lain. “PDIP adalah partai paling stabil dalam menjaga konstituen. Itulah sebab Jateng I peluang PDIP masih cukup besar,” tukasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 19/11/2023 dengan judul Dapil Jateng I, Kesaktian Banteng Diuji Manuver Gibran

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.