Dark/Light Mode

Kampanye Akbar Eropa Bersatu

3 Janji Ganjar-Mahfud Bergema

Senin, 4 Desember 2023 07:30 WIB
Ratusan diaspora Indonesia di berbagai negara Eropa berkumpul di Vught, Belanda menghadiri Kampanye Akbar Eropa Bersatu untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (Foto: Eropa Bersatu)
Ratusan diaspora Indonesia di berbagai negara Eropa berkumpul di Vught, Belanda menghadiri Kampanye Akbar Eropa Bersatu untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (Foto: Eropa Bersatu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cuaca ekstrem, tak menyurutkan semangat ratusan diaspora Indonesia di berbagai negara Eropa berkumpul di Vught, Belanda menghadiri Kampanye Akbar Eropa Bersatu untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Padahal, suhu di Vught, Belanda mencapai 0 derajat Celsius Sabtu (2/12/2023). Wilayah di Jerman bagian selatan juga dihantam badai salju. Penerbangan, kereta api, dan ratusan penerbangan di Bandara Munich, dibatalkan. Eropa memasuki musim dingin.

Ratusan diaspora ini yakin, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3 ini dapat dipercaya dapat memegang amanah konsti­tusi. "Duet ini satu-satunya yang mampu mempertahankan se­mangat reformasi melalui jalan demokrasi bermartabat," kata Sofana Plant, diaspora Indonesia yang kini menetap di Belanda.

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD secara virtual hadir memberi sambutan. Selain bicara visi misi dan program kerja, duet Jawa-Madura ini ingin pendukungnya lebih semangat menghadapi Pilpres 2024.

Baca juga : Eropa Boleh Dingin, Dukungan Untuk Ganjar-Mahfud Tetap Membara

Saat Ganjar dan Mahfud pi­dato lewat layar lebar, ratusan diaspora meneriakkan nama keduanya sambil mengacungkan tiga jari. Mereka juga mengucapkan tiga janji pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3. Takut pada Tuhan, takut pada hukum, dan setia pada rakyat.

"Simbol tiga jari ini lambang gerakan perjuangan untuk me­megang teguh amanah konstitusi NKRI, mempertahankansemangat reformasi 1998 melalui kehidupan demokrasi di Indonesia," pekik ratusan hadirin.

Di acara itu turut hadir juga secara virtual, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketua Umum Persatuan Saudagar Muslimah Indonesia (Persami) Prof. Dr. Hj. Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin, pengusaha Dharmaji Suradika, influencer Mazdjo Pray, pengacara Ronny Talapessy, dan lainnya.

Arsjad Rasjid, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud dalam sambutannya secara virtual berterima kasih atas dukungan para diaspora di Eropa.

Baca juga : Masalah Stunting Jadi Perhatian Serius Ganjar-Mahfud

Diaspora pendukung Ganjar-Mahfud dari Amerika Serikat, Kanada, Australia, Singapura, dan negara lainnya juga ikut hadir secara online untuk mem­berikan semangat kepada dias­pora Indonesia di Eropa. Aksi serentak ini bagian dari gerakan World For Ganjar-Mahfud

Diaspora di Eropa nampak semangat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dalam acara ini, digelar pula per­tunjukan tari-tarian, penampilan penyanyi, pembacaan puisi, pe­mutaran video, flashmob dance, musik band, joget bersama dan acara temu kangen.

Hadir pula Warung D3mokrasi, yakni bazaar yang menawarkan aneka ragam kuliner tradisional dan produk khas Indonesia. Tampak beberapa pengunjung yang mengenakan jaket hitam bergambar logo 3 jari, 3 janji dari duet Ganjar-Mahfud.

Sebelum menutup acara, pem­bawa acara Sakaria Wielgosz mengajak pengunjung bersama-sama membacakan Deklarasi Ganjar-Mahfud. Isinya seruan untuk kampanye damai dan pelaksanaan Pemilu yang jujur adil.

Baca juga : SAGAMA DKI Gelar Rakerda, Bahas Strategi Pemenangan Ganjar-Mahfud

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 4/12/2023 dengan judul Kampanye Akbar Eropa Bersatu, 3 Janji Ganjar-Mahfud Bergema

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.