Dark/Light Mode

BPIP Minta Bawaslu Jadi Wasit Yang Adil Di Pemilu 2024

Senin, 27 November 2023 17:19 WIB
Foto: RM.id
Foto: RM.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak masyarakat untuk mengawasi kerja-kerja KPU dan Bawaslu dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo, Senin (27/11/2023).

"Maka yang harus didorong adalah Bawaslu, harus memainkan peranan untuk menjalankan tugas, mengawasi agar tidak terjadi penyimpangan dan tidak terjadi memberi keistimewaan kepada calon tertentu, atau membiarkan pelanggaran itu terjadi," pria yang akrab disapa Romo Benny itu.

Baca juga : Ganjar Yakin KPU-Bawaslu Mampu Hadirkan Pemilu Berintegritas

Dia mengatakan, Pemilu jujur, adil dan transparan hanya mungkin terjadi jika masyarakat ikut terlibat dalam mengawasi KPU dan Bawaslu.

"Maka Bawaslu harus berperan secara aktif, kalau Bawaslu tidak aktif, maka masyarakat harus mengingatkan, menegur, mengkritik, bahkan bisa masyarakat bisa memberikan mosi tidak percaya kepada Bawaslu, karena Bawaslu tidak menjalankan tugasnya," ungkapnya.

Menurutnya, tugas berlapis dari masyarakat untuk Bawaslu perlu dilakukan.

Baca juga : Kosgoro 1957 Siap Menangkan Golkar dan Prabowo-Gibran Di Pemilu 2024

Tujuannya, demi keadaban bangsa dan terciptanya pemerintahan yang memiliki trust di mata publik.

"Kalau Pemilu tahun ini dipenuhi dengan kecurangan, ketidakbahagiaan publik, dan Pemilu itu penuh dengan cacat, maka jalannya pemerintahan akan… ya iya. Maka jangan kita mempermainkan Pemilu dengan menggunakan cara-cara yang penuh manipulatif," imbau Romo Benny.

Dia juga mengingatkan, jangan jadikan Pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luber-jurdil) hanya jargon.

Baca juga : Mewaspadai Cyber Peretas Mengganggu Pemilu 2024

Melainkan, jadikan Pemilu luber jurdil sebagai azas pesta demokrasi yang membawa kebahagiaan dan kesejahteraan.

"Peranan tokoh agama memberikan kesejukan, pendidikan politik, dan paling penting bagaimana tokoh agama memberikan kesejukan dan tidak memprovokasi, tetapi memberikan kecerahan, agar Pemilu yang adil dan damai, dan kita bersama-sama mengawalnya," jelas dia.

Sebelumnya, Bawaslu bersama Polri dan kejaksaan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) mempersiapkan penyelenggaraan Kampanye Pemilu 2024 di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.