Dark/Light Mode

Kukuhkan Ribuan Saksi TPS di Banjarnegara

Bamsoet Ajak Kader Kompak Menangkan Caleg Partai Golkar

Selasa, 12 Desember 2023 22:56 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Legislator DPR Dapil 7 Jawa Tengah Bambang Soesatyo (kedua kanan). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Legislator DPR Dapil 7 Jawa Tengah Bambang Soesatyo (kedua kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Legislator DPR Dapil 7 Jawa Tengah Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan, keluarga besar Partai Golkar masih harus bekerja keras untuk menjemput kemenangan di Pileg 2024. Berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas pada periode Desember 2023, sudah terjadi kenaikan elektabilitas Partai Golkar dari 7,2 persen pada Agustus 2023 menjadi 8 persen di periode Desember 2023. Hasil tersebut menempatkan Golkar di bawah Gerindra dan PDIP.

Menurut Bamsoet, kenaikan dan penurunan elektabilitas partai politik masih mungkin terjadi hingga pencoblosan pada 14 Februari 2024. Terlebih hasil survei Litbang Kompas tersebut juga memotret bahwa 43,9 persen responden menyatakan pilihan mereka masih bisa berubah.

Baca juga : Bamsoet Ajak Masyarakat Menilai Program Kerja dalam Debat Capres-Cawapres

“Karena itu, setiap kontestan politik baik Caleg maupun mesin partai politik harus bisa memanfaatkan periode kampanye dengan baik agar bisa meraih sebanyak mungkin suara rakyat, termasuk menjaga suara yang sudah didapat agar jangan sampai hilang," ujar Bamsoet, dalam pengukuhan ribuan saksi Partai Golkar di tujuh kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, Selasa (12/12).

Acara itu turut dihadiri antara lain Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banjarnegara Agus Junaidi, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Banjarnegara Djarkasi, Caleg DPRD Provinsi Jawa Tengah Partai Golkar Dapil Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen Dwi Nugroho Marsudianto, serta para Caleg Partai Golkar DPRD Kabupaten Banjarnegara.

Baca juga : Terima Pemuda Pancasila Purbalingga, Bamsoet Ajak Kawal Pemilu Jurdil

Ketua MPR ini menjelaskan, selain 43,9 persen responden yang menyatakan pilihan mereka masih bisa berubah, juga terdapat 17,3 persen responden yang menyatakan belum menentukan pilihan partai politik. Ini menunjukkan betapa besarnya potensi pergeseran suara dari satu partai politik ke partai politik lainnya.

"Ada dua karakteristik pemilih terbesar. Yakni pemilih muda yang jumlahnya mencapai 117 juta pemilih, serta pemilih perempuan yang mencapai 102,58 juta pemilih. Karena itu, partai politik dan Caleg harus melakukan kampanye politik yang ceria dan memiliki isu strategis dalam merangkul dua karakteristik pemilih terbesar tersebut. Partai politik yang mampu merangkul pemilih muda dan pemilih perempuan, akan berpeluang besar masuk dalam lima besar pemenang Pemilu," jelas Bamsoet.

Baca juga : Bamsoet Ajak Kader Golkar Jadi Teladan Politisi Lain di Pemilu 2024

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menambahkan, segenap keluarga besar Partai Golkar juga harus tetap kompak dan solid dalam menghadapi Pemilu 2024. Sekaligus jangan terjebak pada politik identitas, black campaign, hoaks, maupun ujaran kebencian.

"Kita semua adalah anak-anak bangsa yang lahir dari rahim Indonesia. Jangan rusak persaudaraan ini hanya karena Pemilu. Pemilu sebagai pesta demokrasi rakyat harus dijalankan dengan sukacita, bukan justru berimbas kepada perpecahan bangsa. Partai Golkar harus tetap menjadi yang terdepan dalam menjaga pembangunan dan kedaulatan bangsa. Apalah artinya kemenangan kalau bangsa ini kemudian terpecah belah," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.