Dark/Light Mode

Dapil Jatim VII

Kursi Ibas Dan Johan Budi Diincar Eks Bupati

Minggu, 10 Desember 2023 08:10 WIB
Dapil Jatim VII Kursi Ibas Dan Johan Budi Diincar Eks Bupati

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP dan Partai Demokrat harus kerja keras mempertahankan kursinya di Dapil Jawa Timur VII yang meliputi Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan dan Magetan. Pasalnya, partai lain menyiapkan caleg yang nggak kaleng-kaleng.

Pada Pemilu 2019, PDIP dan Demokrat berhasil menggondol dua kursi di dapil ini. PDIP diwakili Johan Budi dan Ina Ammania. Sedangkan Demokrat ada Edhie Baskoro Yudhoyono dan Sartono Hutomo. Sementara, PKB, Gerindra, NasDem dan Golkar masing-masing kebagian satu kursi.

Baca juga : Dua Cucu Soekarno Bersaing Masuk Senayan

Dari keseluruhan petahana, terdapat dua nama yang cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Yaitu Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas dan Johan Budi Sapto Prabowo.

Ibas merupakan putra Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sekaligus adik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ibas kini mengemban jabatan sebagai legislator Komisi VI DPR dan Ketua Fraksi Demokrat di Parlemen.

Baca juga : Kursi PDIP Diincar Dokter Dan Pembalap

Sedangkan Johan Budi merupakan mantan juru bicara KPK dan eks juru bicara Presiden Jokowi. Kini, Johan Budi duduk sebagai Anggota Komisi III DPR.

Kendati di atas angin petahana bakal kembali lolos, tapi mereka bukan tanpa perlawanan. Terutama dari rekan separtainya. Sebut saja PDIP yang banyak mengutus pesohor Jatim untuk menambah daya gedor di dapil ini.

Baca juga : Kursi Petahana Diincar Para Milenial

Setidaknya ada dua penantang baru dari PDIP yang siap menambah atau malah merebut kursi dari rekan separtainya. Misalnya Budi Sulistyono alias Kanang. Kanang merupakan tokoh PDIP Jatim yang juga mantan Bupati Ngawi dua periode. Pada Pileg 2024, Kanang mencoba peruntungan maju sebagai caleg DPR melalui PDIP dan memperoleh nomor urut satu.

Kemudian Novita Hardini. Istri Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Novita Hardini juga maju sebagai caleg DPR dari PDIP. Ia mendapatkan kepercayaan PDIP dengan nomor urut tiga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.