Dark/Light Mode

Dapil Jatim II

Kandang PKB-NasDem, Diburu Mantan Bupati

Selasa, 5 Desember 2023 08:00 WIB
Dapil Jatim II Kandang PKB-NasDem, Diburu Mantan Bupati

RM.id  Rakyat Merdeka - Bertabur Bupati, Pemilu 2024 bakal jadi pembuktian bagi Caleg petahana di Dapil Jawa Timur II. Pasalnya, di dapil tersebut, banyak Caleg penantang baru yang punya amunisi untuk menggoyang kursi DPR milik petahana. Ada mantan bupati, mantan wali kota, bahkan cicit pahlawan nasional ikut berebut di dapil tersebut.

Pada Pileg 2019, dapil yang meliputi Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolingggo ini dikuasai PKB dan NasDem. Kedua partai yang saat ini sama-sama berkoalisi di Pilpres 2024, menyumbang 2 dari 7 kursi DPR yang tersedia.

PKB meraih 2 kursi DPR lewat Faisol Reza dan Anisah Syakur. NasDem mendapat 2 kursi dari Hasan Aminuddin dan Aminurokhman. Sementara, 3 partai yakni PDIP, Golkar, dan Gerindra masing-masing kebagian 1 kursi. PDIP lewat Mufti Anam, Golkar melalui Mukhamad Misbakhun, dan Gerindra lewat LaksdyaTNI (Purn) Moekhlas Sidik.

Baca juga : 10 Kursi Petahana Jadi Rebutan Wamen, Pentolan Dewa

Untuk Pemilu 2024, mayoritas parpol tidak mengalami perubahan. PKB tetap mengusung 2 incumbent sebagai Caleg. Namun, untuk mendongkrak perolehan suara, PKB menerjunkan anggota DPR periode 2014-2019 Abdul Malik Haramain dan mantan bupati Pasuruan Mohammad Irsyad Yusuf.

Berbeda dengan NasDem, 1 petahana atas nama Hasan Aminuddin dipastikan absen sebagai Caleg. Sebagai gantinya, NasDem mengusung mantan wali kota Probolinggo Rukmini. Selain itu, partai besutan Surya Paloh itu tetap mengusung Aminurokhman yang merupakan petahana dan menambah kekuatan dengan memplot Dini Rahmania selaku putri Hasan Aminuddin.

Gerindra yang sebelumnya mendapat 1 kursi, bertekad mempertebal kemenangan dengan memasang Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad dan Anggota DPD Evi Zainal Abidin.

Baca juga : Dasco-Rano Ditantang Airin-Tanoe

Begitu juga dengan PDIP. Selain tetap memasang Mufti Anam, Banteng menurunkan Prof Hamka Haq yang saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa DPP PDIP.

Sedangkan Partai Golkar tidak banyak mengalami perubahan. Misbakhun tetap menjadi andalan Golkar untuk mengamankan 1 kursi DPR di Pemilu 2024.

Sementara partai lain yang sebelumnya kurang beruntung, coba merubah strateginya. PKS menurunkan Mustofa Bawazier selaku Dewan Pakar PKS. Di kota santri, PAN menurunkan dua gusnya, yakni Syaiful Nuri dan Ahmad Abdul Qodir.

Baca juga : Petahana Masih Di Atas Angin

Sedangkan Partai Demokrat coba mendulang suara dari Herniatie Sri Ana, cicit dari pahlawan nasional Raden Pandji Soeroso.

Siapa yang bakal beruntung? Caleg petahana dari Golkar Misbakhun mengakui, Dapil Jatim II merupakan pertarungan yang keras. Sesuai dengan tipikal masyarakat dan daerahnya: pantura dan Tapal Kuda.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.