Dark/Light Mode

Dapil Jatim X

3 Kali Pemilu Tak Ada Yang Dominan

Kamis, 14 Desember 2023 07:55 WIB
Dapil Jatim X 3 Kali Pemilu Tak Ada Yang Dominan

 Sebelumnya 
Lalu apa kata Caleg dapil ini? Viva Yoga mengatakan, dapil ini sangat unik. Dari enam kursi yang tersedia, masing-masing parpol selalu mendapatkan satu kursi di setiap Pemilu sejak 2009. “Nomor satu PKB, PDIP, Golkar, PAN, Gerindra. Ini kadang PPP terus diganti dengan Demokrat,” terangnya saat dihubungi Rakyat Merdeka, Rabu (13/12/2023).

Belum lagi soal sosial budayanya. Di bagian utara Lamongan adalah pantura, bagian selatannya masuk wilayah pertanian. Sedangkan Gresik masuk wilayah industri.

“Jadi pembagian masyarakatnya seperti itu,” tutur Viva.

Baca juga : Kekuatan Petahana Masih Sulit Digoyang

Muchamad Nabil Haroen juga siap menambah kursi PDIP dari Dapil Jatim X. “Meski baru turun kurang lebih dua bulan, saya optimis dan siap menambah satu kursi di DPR. Karena ini bagian dari perintah partai yang diberikan langsung oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Gus Nabil ini menilai, potensi menambah satu kursi dari dapil ini terbuka lebar. Baik secara door to door, maupun memaksimalkan peran relawan. Terlebih, ia mengenal dapil ini dengan baik.

Sementara, Thoriq Majiddanor mengaku tertantang untuk meloloskan Nasdem dari dapil ini. “Selama dua kali pemilu, Partai NasDem belum pernah mendapat kursi parlemen di Dapil Jatim X. Saya akan pecah telur menjadi wakil Nasdem pertama di DPR,” ujar pria yang akrab disapa Jiddan.

Baca juga : Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Utama Baterai Dunia

Strateginya, kata dia, dengan fokus menggarap generasi milenial dan pemilih pemula sebagai lumbung suara. Sebagai generasi mileniai, Jiddan memahami aspirasi dari anak-anak muda. Karena itu, harus ada wakil dari generasi milenial.

Ia juga telah mendapat restu dari sang ayah. “Beliau berharap keberadaan saya kelak di parlemen menjadi jembatan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Gresik yang merupakan tanah kelahirannya, dan juga Kabupaten Lamongan yang ia wakili,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 14/12/2023 dengan judul Dapil Jatim X, 3 Kali Pemilu Tak Ada Yang Dominan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.