Dark/Light Mode

Dapil Jatim X

3 Kali Pemilu Tak Ada Yang Dominan

Kamis, 14 Desember 2023 07:55 WIB
Dapil Jatim X 3 Kali Pemilu Tak Ada Yang Dominan

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertarungan di Dapil Jawa Timur (Jatim) X benar-benar ketat. Sejak Pileg 2009, tidak ada partai politik (parpol) yang bisa mendominasi dapil ini. Dari enam kursi yang tersedia, masing-masing parpol harus puas mendapat satu kursi.

Pada Pileg terakhir, partai yang mendapat suara tertinggi adalah PKB dengan raihan 330.628 suara. Diikuti PDIP 193.545 suara, Partai Gerindra 167.047 suara, Partai Demokrat 159.190 suara, dan Partai Golkar 133.193 suara.

Baca juga : Kekuatan Petahana Masih Sulit Digoyang

Berdasarkan data KPU, Dapil Jatim X terdiri dari 45 kecamatan, 830 desa dan kelurahan, 8.154 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebesar 1.983.550.

Adapun keenam incumbent yang lolos, Jazilul Fawaid dari PKB, Nasyirul Falah Amru dari PDIP, Khilmi dari Gerindra, Dyah Roro Esti dari Golkar, Prof Zainuddin Maliki dari PAN, dan Debby Kurniawan Demokrat.

Baca juga : Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Utama Baterai Dunia

Dari sisi penantang, PKB sepertinya ingin menambah suara dengan memasang Lukmanul Khakim selaku anggota DPR 2014-2019 sekaligus dan Ketua Bidang Perindustrian dan Perdagangan, Ufiq Zuroida, yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Jatim, dan Anggota DPR 2014-2019, Mahrus Munir, yang sebelumnya merupakan kader Demokrat.

Gerindra memasang Faf Adi Siswo yang merupakan Anggota Dewan Pakar DPD Gerindra Jatim. PDIP terlihat ngotot dengan memasang Muchamad Nabil Haroen yang sebelumnya lolos ke parlemen dari Dapil Jawa Tengah V sekaligus Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa.

Baca juga : Dapil Jatim VIII: Imin Jadi Cawapres, PKB Pasang Bos Lion Air & Mendes

PAN kembali menurunkan jagoannya Viva Yoga Mauladi yang saat ini menjadi anggota DPR dua periode 2009-2019. Lalu Demokrat memasang Jemmy Setiawan yang menjabat Deputi BPOKK Demokrat. PPP mengusung Musyaffa Noer yang saat ini menjabat anggota DPRD Provinsi Jatim.

Sedangkan NasDem, memasang Ketua Bappilu Nasdem Jatim Suhandoyo, dan Thoriq Majiddanor selaku putra mantan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.