Dark/Light Mode

KPU Imbau Paslon Jaga Ketertiban Debat

Melanggar Lagi, Ya Ditegur Lagi

Minggu, 17 Desember 2023 06:45 WIB
Komisioner KPU Bidang Data dan Informasi Betty Epsilon Idroos. (Foto: Dok. KPU RI)
Komisioner KPU Bidang Data dan Informasi Betty Epsilon Idroos. (Foto: Dok. KPU RI)

 Sebelumnya 
Mellaz tidak setuju dengan permintaan agar KPU mengurangi jumlah penonton saat debat capres. Kata dia, keriuhan pe­nonton saat debat berlangsung bukanlah titik permasalahannya.

Selain itu, Mellaz mengungkap adanya catatan evaluasi dari para tim paslon saat debat capres perdana, yaitu permasalahan teknis, pencahayaan ruangan yang diang­gap sedikit bermasalah.

“Bagaimanapun juga venue di KPU meski menarik tapi ada keterbatasan dalam konteks broadcast, lighting, segala macam,” jelas Mellaz.

Baca juga : PLN UID Jakarta Imbau Pemasangan APK Jaga Jarak Aman Dengan Jaringan Listrik

Untuk lokasi debat cawapres pada 22 Desember 2023, Mellaz mengatakan, akan digelar di sebuah hotel di Jakarta. Namun, KPU belum memutuskan lokasi detailnya. Sebab, akan berkoordinasi dengan beberapa pihak sebelum membuat keputusan.

“Untuk lokasi kita akan ketemu dengan pihak TV pool penyelenggaranya. Karena ada beberapa usulan. Di hotel. Di Jakarta,” kata Mellaz.

Mellaz memastikan, tidak ada format yang berubah dalam debat capres-cawapres. Acara akan tetap berlangsung selama 150 menit. Namun, durasi khusus debat 120 menit.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta Senin 11 Desember, Hadir Di 5 Lokasi

Debat dibagi menjadi 6 segmen. Setiap calon dapat saling sanggah dalam 4 seg­men, yaitu pada segmen 2, 3, 4 dan 5. Sementara pada segmen 1, khusus pemaparan visi dan misi. Adapun segmen ke-6 penyampaian pernyataan pamungkas setiap calon.

Sebagai informasi, debat pada 22 Desember 2023 akan diikuti oleh tiga cawapres, yaitu dari nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, no­mor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Adapun tema yang akan dibahas me­liputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga : Langkah Erick Thohir Dipuji

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 17/12/2023 dengan judul KPU Imbau Paslon Jaga Ketertiban Debat, Melanggar Lagi, Ya Ditegur Lagi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.