Dark/Light Mode

Dapil Lampung II

Eks Gubernur Vs Eks Wagub Bersaing Ke Senayan

Senin, 18 Desember 2023 07:50 WIB
Dapil Lampung II Eks Gubernur Vs Eks Wagub Bersaing Ke Senayan

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan berambisi meraup kemenangan besar di daerah pemilihan (Dapil) Lampung II. Selain memasang petahana, Banteng juga memasang Caleg pendatang baru yang berlatar belakang mantan kepala daerah, mantan Senator hingga anggota DPRD Lampung.

Pada Pemilu 2019, PDIP dan Golkar menjadi parpol yang berhasil meraih 2 kursi DPR dari Dapil Lampung II. Dari PDIP kursi DPR diraih Itet Tridjajati Sumarijanto dan I Komang Koheri. Sayang, Itet Tridjajati tak lagi maju pada Pileg kali ini.

Baca juga : Madura Jadi Ujian Berat Bagi PKS

Sementara Golkar, dua kursinya didapat melalui Riswan Tara dan Hanan A Rozak. Sisanya, sebanyak 6 kursi DPR terbagi rata kepada 6 parpol di Senayan. Hanya PPP yang gagal menggondol kursi parlemen.

Dari PKB, kursi DPR diraih Ela Siti Nuryamah. Namun, di Pemilu 2024, Ela memutuskan tidak nyaleg lagi. Selanjutnya, dari Gerindra diraih Dwita Ria Gunadi, Tamanuri dari Partai Nasdem, Junaidi Auly dari PKS, Alimin Abdullah dari PAN, dan Marwan Cik Asan dari Partai Demokrat.

Baca juga : Dua Cucu Soekarno Bersaing Masuk Senayan

Meskipun ada 2 incumbent yang absen, bukan berarti bursa perebutan kursi DPR dari dapil yang meliputi Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Tulangbawang, Lampung Timur, Waykanan, Mesuji, dan Tulangbawang Barat itu mudah. Masing-masing parpol sama-sama berambisi untuk menambah pundi-pundi suara di 2024.

PDIP misalnya. Partai yang 2 kali menang Pemilu Legislatif ini menurunkan sejumlah nama-nama kuat di dapil tersebut. Selain 1 petahana, PDIP memasang mantan Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, mantan Bupati Lampung Utara Zainal Abidin, mantan Anggota DPD RI Anang Prihantoro dan anggota DPRD Lampung Yose Rizal.

Baca juga : SKK Migas Bawa Produk Lokal Bersaing Di Global

Selain mantan pejabat, PDIP juga menerjunkan 2 politisi muda di dapil tersebut. Mulai dari Dwinan Rahmadi yang mendapat prediket Caleg termuda di Lampung, dan Tricia Lelonowati Sumarijanto, putri Itet Tridjajati.

Hal yang sama juga dilakukan PKB. Meskipun petahana tidak maju, tapi partai besutan Muhaimin Iskandar ini punya Caleg yang potensial merebut kursi DPR. Dia adala Chusnunia yang merupakan mantan wakil gubernur Lampung, dan Didiet Mardhiansyah Fitrah yang merupakan adik ipar Chusnunia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.