Dark/Light Mode

Dapil Jawa Tengah VIII

Anak Eks Menteri Lawan Anak Ketua Banggar

Minggu, 26 November 2023 08:00 WIB
Dapil Jawa Tengah VIII Anak Eks Menteri Lawan Anak Ketua Banggar

RM.id  Rakyat Merdeka - Para petahana Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah VIII diprediksi bakal seri. Para petahana akan bersaing dengan anak eks Menteri Keuangan dan anggota DPR.

Di dapil yang mencakup Kabupaten Banyumas dan Cilacap itu, dari delapan kursi yang diperebutkan, PDIP selalu berada di jajaran atas perolehan kursi. Di Pileg 2014 lalu, Banteng merebut dua kursi, yakni Adisatrya Suryo Sulisto dan Budiman Sudjatmiko. Sementara, enam kursi lain diraih secara rata oleh enam partai.

Baca juga : Bamsoet Ditantang Kakak Ipar Ganjar

Kala itu, caleg terpilih PKB adalah Siti Mukaromah, Demokrat kirim Khatibul Umam Wiranu. Kemudian dari PPP dikunci Achmad Mustaqim. Untuk PAN ada Ammy Amalia Fatma. Sementara Gerindra diperoleh Novita Wijayanti. Terakhir, Golkar didapat Dito Ganinduto.

Di Pileg 2019, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu kembali menunjukkan tajinya dengan menggondol dua kursi. Namun, komposisinya berbeda. Budiman Sudjatmiko mental. Digantikan Sunarna.

Baca juga : 2 Eks Bupati Dan Artis Siap Goyang Kursi Petahana

Selain PDIP, Beringin juga berhasil memboyong dua kursi. Satu muka lama dan satu lagi muka baru. Muka lama bernama Dito Ganinduto. Sedangkan muka baru Teti Rohatiningsih. Dito terkenal gagah di dapil ini. Sudah tiga periode Dito tidak pindah dapil dan sukses melenggang ke Senayan.

Sedangkan empat kursi lainnya dibagi rata pada empat partai. Kursi Gerindra didapatkan oleh Novita Wijayanti. Kursi PKB diperoleh Siti Mukaromah. Kursi NasDem disabet Sugeng Suparwoto. Kursi Demokrat diboyong Wastam.

Baca juga : Putri Puan Diharapkan Gondol Kursi Ke-5

Di Pileg 2024, muncul nama-nama baru dari kalangan keluarga pejabat maupun mantan pejabat. Misalnya Kaisar Kiasa Kasih Said Putra yang merupakan putra dari Ketua Banggar DPR, Said Abdullah. Kaisar maju dengan kendaraan seperti ayahnya, PDIP.

Selain Kaisar, Gerindra juga berupaya mendobrak dapil ini dengan mengutus putra dari mantan Menteri Keuangan, Fuad Bawazier, Mohamad Sunan Arief. Tentunya kehadiran Sunan di dapil ini diharapkan dapat menambah kursi Gerindra di Senayan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.