Dark/Light Mode

Dapil Jatim XI

Madura Jadi Ujian Berat Bagi PKS

Jumat, 15 Desember 2023 07:55 WIB
Dapil Jatim XI Madura Jadi Ujian Berat Bagi PKS

RM.id  Rakyat Merdeka - Berkaca pada Pemilu 2019, kekuatan parpol di Dapil Jatim XI nyaris sama. Terlihat dari 8 kursi DPR yang diperebutkan, terdistribusi meratas ke 8 parpol di Senayan. Hanya PKS yang gagal meloloskan kadernya ke DPR.

Di dapil yang meliputi Madura ini, 8 parpol hanya berhasil menggondol 1 kursi DPR. Tiga di antaranya, jadi pentolan di DPR. Sering muncul di media massa karena mengisi posisi strategis di Senayan.

Ketiganya, Said Abdullah dari PDIP yang menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran DPR. Kemudian Achmad Baidowi dari PPP yang mengisi posisi Wakil Ketua Badan Legislasi DPR. Lalu, Willy Aditya dari NasDem. Ketiga nama ini, selain tenar di lingkungan DPR, juga punya pengaruh di partainya masing-masing.

Baca juga : Saling Klaim Jadi Juara Debat

Sementara 5 kursi DPR lainnya, diperoleh Syafiuddin dari PKB, Imron Amin dari Gerindra, Muhammad Ali Ridha dari Golkar, Slamet Ariyadi dari PAN, dan Hasani Bin Zuber dari Demokrat. Meskipun kelima nama tersebut tidak terlalu tenar dibanding Said, Baidowi dan Willy, tapi kekuatan mereka cukup diperhitungkan. Karena mereka maju dengan posisi yang sama sebagai muka lama.

Namun, di Pemilu 2024, para incumbent ini akan ditantang oleh sejumlah nama yang cukup familiar di kalangan pemilih lokal. Selain terkenal, ada juga Caleg pendatang baru yang didukung kekuatan finansial.

Misalnya yang punya nama beken di pemilih lokal adalah aktivis asal Pamekasan, Basri. Ketua Perkumpulan Pemuda Pengawal Keadilan (P3K) ini resmi nyaleg dari partai Gerindra. Basri punya modal lebih untuk mengkampanyekan dirinya.

Baca juga : Kekuatan Petahana Masih Sulit Digoyang

Selain aktivis, dia juga getol mengkampanyekan Prabowo. Basri merupakan Sekretaris Relawan Prabowo Madura yang tergabung dalam Barisan Milenial Madura 08 (BMM 08).

Basri mengatakan tujuannya maju di Pileg 2024 untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Madura di level nasional. “Saya ingin memajukan dan merubah masyarakat Madura dalam kancah kebijakan dan regulasi nasional,” kata Basri.

Dia menjamin akan menjunjung integritas jika terpilih sebagai anggota legislatif. “Saya berfikir Parlemen itu harus diisi oleh figur-figur yang idealis dan berdedikasi tinggi seperti aktivis dalam menyuarakan kepentingan rakyat,” tegasnya.

Baca juga : Cegah Stunting Pada Bayi, Gibran Center Bagikan Vitamin C Ke Bumil

Selain Basri, muka baru yang patut dipertimbangkan oleh petahana adalah Akhmad Ma’ruf. Caleg Partai Golkar ini datang ke Madura dengan logistik melimpah. Pasalnya, dia merupakan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepulauan Riau.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.