Dark/Light Mode

Pendukungnya Melebar Hingga 5 Benua

Paslon Nomor 3 Mampu Naikkan Kelas Demokrasi

Rabu, 20 Desember 2023 07:40 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (depan kiri) dan Mahfud MD (depan kanan). (Foto: Antara)
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (depan kiri) dan Mahfud MD (depan kanan). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Warung D3mokrasi juga di­gelar di Tunis, Tunisia. Nata Sutisna, Ketua Umum Afrika for Ganjar-Mahfud menuturkan, melalui Warung D3mokrasi, dia ingin membangun kesadaran bersama.

“Kami diaspora Indonesia di luar negeri akan merasa tenang bila dipimpin Mas Ganjar dan Pak Mahfud. Mereka berdua so­sok yang berproses serta ditempa dari bawah. Memilih nomor tiga untuk menaikkan kelas de­mokrasi Indonesia,” dukungnya.

Dari Benua Amerika, tepatnya di Pleasant Valley, New York, diaspora Indonesia menggelar diskusi dan bedah buku dengan para pengamat belum lama ini.

Baca juga : Puncak Gernas BBI, Kemperin Dorong IKM Bengkulu Naik Kelas

Untuk diskusi diambil judul: Membongkar Pikiran Ganjar karya Hamid Basyaib yang telah diterbitkan dalam bahasa Inggris dan dikaji di Yale University beberapa waktu lalu. Diskusi ini juga pertama kali digelar di Lembah Hudson di New York.

Charles Berghorn, konsultan senior yang hadir dalam Wa­rung D3mokrasi di New York ini prihatin atas tergerusnya penerapan konstitusi di Indo­nesia. Dia membandingkannya dengan di AS.

“Di Amerika Serikat, kon­stitusi adalah dasar segalanya dan pertahanan terpenting,” tuturnya.

Baca juga : Messi Terbaik, Haaland Paling Gacor

Masih di Benua Amerika, te­patnya di Santa Fe, New Mexico AS juga digelar deklarasi du­kungan untuk Ganjar-Mahfud. Deklarasi juga digelar pertama kali di Pittsburgh, Pennsylvania, dan dihadiri 50-an diaspora.

Warung D3mokrasi telah dan akan digelar di 35 titik di seluruh dunia. Sudah ada 35 titik yang terkonfirmasi baik Asia, Aus­tralia, Eropa, Amerika, Afrika, dan jumlahnya terus bertambah.

Di Solo, Jawa Tengah, kegiat­an Warung D3mokrasi digelar dengan program unik. Yakni pembagian barang pecah belah serta panci untuk memasak bagi 80-an warung.

Baca juga : Penyelenggaraan Pemilu 2024 Kudu Mencerminkan Nilai Demokrasi

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 20/12/2023 dengan judul Pendukungnya Melebar Hingga 5 Benua, Paslon Nomor 3 Mampu Naikkan Kelas Demokrasi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.