Dark/Light Mode

Jaga Suara AMIN, Garda Matahari Jatim Gelar Pelatihan Saksi Pilpres

Senin, 25 Desember 2023 16:21 WIB
Capres Anies Baswedan. (Foto: Ist)
Capres Anies Baswedan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Garda Matahari menggelar pelatihan saksi Pilpres. Pelatihan untuk menjaga suara AMIN.

Pelatihan diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri aktivis Muhammadiyah Aisyiyah di Kantor DPW NasDem Jawa Timur, Minggu (24/12). Acara dihadiri Ketua Umum Koordinator Nasional Garda Matahari yang juga Co-Captain Timnas AMIN Azrul.

Hadir juga Ketua Garda Matahari Jatim, Ali Mukhti; Ketua Bakorsi TKD Jatim, Dimam Abror, dan Ketua NasDem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi 

Baca juga : Pedagang Kaki Lima Kota Mataram Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Pelatihan bertujuan memberdayakan peserta dalam mendeteksi dan mencegah potensi kecurangan yang dapat terjadi dalam pelaksanaan Pilpres. 

Azrul menegaskan, pentingnya peran Saksi Garda Matahari dalam menjaga integritas dan keberlangsungan demokrasi. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pelatihan ini, peserta akan menjadi garda terdepan dalam mengawal proses demokrasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Pelatihan ini tidak hanya memberikan pemahaman teknis terkait tugas dan tanggung jawab seorang saksi, tapi juga mendalami potensi kecurangan yang dapat terjadi. Sebagai respons terhadap tantangan ini, Azrul mengajak, peserta untuk memahami strategi yang efektif dalam memantau setiap TPS. 

Baca juga : Dukung Ganjar-Mahfud, Espas Sandiuno Gelar Pelatihan Kewirausahaan Di Bekasi

Menurut dia, posko di setiap TPS perlu dilibatkan secara aktif dengan mengawasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan mengkawal suara TPS menggunakan aplikasi DA4I. Aplikasi ini dianggap sebagai alat modern yang memudahkan pemantauan secara real-time dan memberikan laporan yang akurat. 

“Bersama-sama, kita akan menjaga keadilan dan keberlanjutan demokrasi di negeri ini,” ujarnya.

Acara berlangsung penuh semangat dan semakin memperkuat tekad para peserta untuk menjadi agen perubahan dalam menjaga integritas Pemilu di Jawa Timur.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.