Dark/Light Mode

Survei Indikator: Anies Paling Joss Sampaikan Gagasan, Progja Prabowo Terbaik

Selasa, 26 Desember 2023 17:12 WIB
Capres 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Capres 01 Anies Baswedan (Foto: Istimewa)
Capres 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Capres 01 Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada hari ini, Senin (26/12/2023), mendaulat Anies Baswedan sebagai capres yang paling bagus menyampaikan pendapat/gagasan dalam acara Debat Capres 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, pada 12 Desember 2023. Sementara Prabowo Subianto, diyakini sebagai capres dengan program kerja (progja) terbaik.

Sebanyak 38,3 persen responden yang menyaksikan acara Debat Capres, menjagokan Anies dalam hal menyampaikan pendapat atau gagasan. Prabowo Subianto hanya dijagokan oleh 27,8 persen responden. Sedangkan Ganjar Pranowo 26,3 persen.

Program Kerja

Prabowo Subianto meraih nilai tertinggi dalam hal program kerja. Dia mencetak angka 32,6 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, masing-masing mengantongi angka 26,8 persen dan 26,1.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo-Gibran Teratas, Tembus 46,7 Persen, Pilpres 2 Putaran

Untuk diketahui, acara Debat Capres ini hanya disaksikan oleh 42,3 persen responden. Sedangkan 57,7 persen sisanya, tidak menonton.

Terkait hal tersebut, Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi mengatakan, orang yang menonton acara debat pada dasarnya sudah punya iman elektoral. Sudah punya preferensi. Tidak seperti tabula rasa yang kosong melompong, kemudian terpengaruh. Begitu Burhan mengibaratkan.

"Kecenderungan pemilih Anies dan Ganjar untuk menonton debat, lebih tinggi ketimbang pemilih Prabowo-Gibran," ujar Burhan dalam keterangan virtual, Selasa (26/12/2023).

Baca juga : Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Buntuti Prabowo-Gibran

Survei Indikator ini dijalankan pada tanggal 23-24 Desember 2023, dengan melibatkan 1.217 responden, yang dipilih melalui kombinasi metode random digit dialing (RDD) (265 responden) dan double sampling (DS) (952 responden).

RDD adalah proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Sedangkan DS adalah pengambilan sample secara acak, dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan sebelumnya.

Margin of error survei diperkirakan berada di angka 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Baca juga : Meutya : Mas Gibran Sampaikan Gagasan Ekonomi Yang Kuat Dengan Gaya Teknokrat

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon, oleh pewawancara yang sudah terlatih dan profesional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.