Dark/Light Mode

Dapil Jambi, Kursi Petahana Digoyang Raja-raja Daerah

Senin, 8 Januari 2024 09:01 WIB
Dapil Jambi, Kursi Petahana Digoyang Raja-raja Daerah

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilih (Dapil) Jambi di Pemilu 2024 menjadi arena pertempuran raja-raja daerah. Delapan kursi petahana bakal digoyang mantan bupati, mantan wali kota, dan dan sekretaris daerah. Ada juga pengusaha senjata dan ajudan Prabowo Subianto yang berusaha mendongkel para petahana.

Terdapat ada delapan politisi yang berhasil melenggang ke Senayan dari Dapil Jambi di Pemilu 2019. Golkar menjadi pemenang dengan raihan dua kursi melalui Hasan Basri Agus dan Saniatul Lativa. Sisanya, berbagi rata oleh enam partai. Yaitu Handayani dari PKB, Sutan Adil Hendra dari Partai Gerindra, Ihsan Yunus dari PDIP, Hasbi Anshory dari Partai Nasdem, Bakri HM dari PAN, dan Zulfikar Achmad dari Partai Demokrat.

Meski telah mendapat dua kursinya, Golkar tetap melebarkan jaring pemilihnya. Kader yang ditempatkannya antara lain mantan Bupati Sarolangun Cek Endra, mantan Wali Kota Sungai Penuh dua periode Asafri Jaya Bakri, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Jambi Syahrasaddin, dan anggota DPR periode 2009-2014 Selina Gita.

Kontestan dari parpol lain juga tak kalah mentereng. PKB menurunkan anggota DPRD Jambi Elpisina dan pengusaha hotel Dodi Sularso. Gerindra memasang Muhammad Harrifar Syafar yang merupakan ajudan Prabowo, dan tenaga ahli senior DPR Balkan Amdan.

Baca juga : Sambut 2024, Pertamina International Shipping Siap Tambah Armada Tanker

PDIP juga terlihat ngotot. Banteng memplot Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto, Ratu Munawaroh yang merupakan istri mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin, dan pengusaha senjata Guntur Muchtar.

Nasdem percaya bakal mendapat dua kursi melalui Syarif Fasha yang merupakan mantan Wali Kota Jambi dua periode. Begitu juga dengan PAN yang pede meraih banyak suara melalui mantan Bupati Kerinci dua periode Adirozal. Sedangkan Demokrat memasang Bursah Zarnubi yang merupakan mantan Ketua Umum Partai Bintang Reformasi (PBR).

Caleg dari PKB yang juga mengusaha hotel Dodi Sularso pede bisa membantu partainya meraih kursi dari dapil ini. Dia mengklaim mendapat dukungan deras dari masyarakat dan yakin memperoleh 60 ribu suara. 

"Saya penuh semangat dan percaya diri, terutama dengan banyaknya relawan dari seluruh Provinsi Jambi yang telah menghubungi saya dan meminta agar saya turun ke wilayah mereka," ucap Dodi.

Baca juga : 8 Kursi Diburu Orang-orang Beken

Muhammad Harrifar Syafar dari Gerindra juga merasakan dukungan dari masyarakat. Ajudan Prabowo ini berjanji akan membangun tanah kelahirannya agar jadi lebih baik.

Sebagai caleg muda yang mendapatkan kepercayaan, mantan atlet nasional Polo Berkuda ini tidak ingin mengecewakan masyarakat apabila mendapatkan amanah kelak. "Kita ini orang yang memiliki komitmen tinggi. Amanah yang telah diberikan, tentu akan kita jaga demi kepentingan masyarakat, terutama Provinsi Jambi," janjinya. 

Sedangkan Ratu Munawaroh menargetkan PDIP mendapat dua kursi dari Dapil Jambi. Jika mesin partai berjalan dengan baik, dia bahkan pede PDIP bisa mendapat tiga kursi.

"Seandainya kami betul-betul solid bergerak, itu konon katanya bisa tiga kursi. Karena kami bergerak semua, sehingga wajar orang memprediksi kami bisa tiga kursi," katanya.

Baca juga : Petahana Ditantang Eks Menteri, Eks Gubernur Dan Eks Wagub

Kemudian, Bursah Zarnubi dari Demokrat, mengklaim memiliki infrastruktur pemenangan di Jambi. Ia telah melakukan pertemuan langsung dengan masyarakat di 11 kabupaten/kota di Jambi. Bursah menargetkan 11 ribu suara dari masing-masing kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.

"Yang penting di wilayah pemilihan kita garap semua, termasuk fokus kita di Kota Jambi, Muarojambi, Merangin, Bungo, Tanjabtim, Tebo itu konsentrasi kita," katanya.

Bursah melanjutkan, terlepas dari apa pun hasilnya nanti, tugasnya saat ini hanyalah berusaha. “Jalannya tentu tidak akan mudah. Ada kala menanjak, menurun, menikung, dan ketemu jalan rusak. Itu biasa sekali, dan saya terbiasa berjuang. Tugas manusia adalah berusaha dan berdoa, sisanya serahkan kepada Tuhan. Ada keajaiban di hidup manusia, dan saya yakin ada itu untuk saya nanti," pungkasnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka,edisi Senin (8/1), dengan judul “Dapil Jambi, Kursi Petahana Digoyang Raja-raja Daerah”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.