Dark/Light Mode

Dapil Sumbar I

8 Kursi Diburu Orang-orang Beken

Jumat, 5 Januari 2024 08:00 WIB
Dapil Sumbar I 8 Kursi Diburu Orang-orang Beken

RM.id  Rakyat Merdeka - Dapil Sumatera Barat I diprediksi sebagai dapil “neraka” untuk Pemilu 2024. Selain dipenuhi petahana, di dapil tersebut sejumlah nama-nama beken juga ikut bertarung. Mulai dari istri mantan Gubernur, eks Bupati dan Wali Kota, mantan Senator hingga politisi lokal juga ikut memperebutkan 8 kursi DPR.

Dapil Sumbar I meliputi Kota Solok, Padang, Padang Panjang dan Sawahlunto. Serta Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Tanah Datar, Sijunjung, Dharmasraya dan Mentawai.

Baca juga : Petahana Dapat Lawan Berat

Pada Pemilu 2019, hanya 6 partai yang berhasil mendapatkan tiket menuju Senayan. Dua partai, yakni Gerindra dan PAN, masing-masing meraih 2 kursi DPR. Sisanya terbagi pada 4 parpol. 7 dari 8 petahana memutuskan kembali bertarung di dapil tersebut.

Dua kursi DPR dari Partai Gerindra diraih Andre Rosiade dan Suir Syam. Sedangkan dari PAN, 2 kursi DPR diraih Athari Gauty Ardi dan Asli Chaidir. Sedangkan 4 kursi DPR lainnya diraih Hermanto dari PKS, Lisda Hendrajoni dari NasDem, Darul Sika dari Golkar, dan Darizal Basir dari Demokrat. Dari semua petahana, hanya Asli Chaidir dari PAN yang tidak maju lagi. Asli mencoba mewariskan kursi kepada putranya Dean Asli Chaidir yang maju di nomor urut 2 dari PAN.

Baca juga : Yasonna Ditantang Mantan Wakapolri

Meskipun ke-7 incumbent dikenal punya basis massa yang kuat dan beberapa sudah mondar-mandir di Senayan. Namun, kursi mereka terancam digoyang oleh pendatang baru yang punya latar belakang beragam.

Di Gerindra, posisi Andre dan Suir Syam coba digoyang beberapa nama baru. Mulai dari Vasko Ruseimy, Youtuber dengan channel “Macan Idealin” dengan 1,23 juta subcribers. Selanjutnya ada Wakil Ketua DPRD Solsel Armen Syahjohan, mantan Senator Nofi Candra dan Tedy Arman yang dikenal sebagai Sespri Prabowo.

Baca juga : Bintang 3 Perang Dengan Bintang 2

Persaingan sengit juga terjadi di internal PKS. Incumbent Hermanto dibayangi Harneli Bahar, istri mantan Gubernur Sumbar Mahyeldi. Ada juga Rahmat Saleh yang merupakan anggota DPRD Sumbar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.