Dark/Light Mode

Dapil Sumatera Utara III

Petahana Ditantang Eks Menteri, Eks Gubernur Dan Eks Wagub

Rabu, 3 Januari 2024 08:00 WIB
Dapil Sumatera Utara III Petahana Ditantang Eks Menteri, Eks Gubernur Dan Eks Wagub

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertarungan sengit antara caleg lama dan baru bakal terjadi di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara III. Sederet nama tenar maju di dapil ini. Mulai dari petahana, eks kepala daerah, DPRD, ketua partai daerah, hingga mantan menteri.

Pada Pileg 2019 lalu, 10 politisi lolos ke Senayan dari dapil yang meliputi Kabupaten Asahan, Dairi, Karo, Langkat, Pakpak Bharat, Simalungun, Batu Bara, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar, dan Kota Tanjungbalai. Tiga di antaranya dari PDIP. Yakni Djarot Saiful Hidayat, Junimart Girsang, dan Bob Andika Mamana Sitepu.

Baca juga : Petahana Dapat Lawan Berat

Lalu diikuti dua politisi Golkar, Delia Pratiwi dan Ahmad Dolia Kurnia Tanjung. Sedangkan sisanya, masing-masing satu perwakilan. Rudi Hartono Bangun dari NasDem, Ansory Siregar dari PKS, Nasril Bahar dari PAN, Hinca Pandjaitan dari Demokrat, dan Djohar Arifin Husin dari Gerindra.

Keseluruhan petahana ini dipastikan maju lagi demi mempertahankan kursinya di Senayan.

Baca juga : Yasonna Ditantang Mantan Wakapolri

Mereka akan ditantang oleh mantan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, mantan Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung, dan mantan Bupati Simalungun JR Saragih.

Selain mantan kepala daerah, dapil ini juga diikuti oleh ketua partai di daerah. Contohnya Ketua DPD Hanura Sumut, El Adrian Shah. Kemudian dari latar belakang mantan menteri ada MS Kaban yang pernah menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sekalipun Kaban maju dari Partai Ummat, tapi setidaknya dia bisa merecoki kantong suara caleg lainnya.

Baca juga : Bintang 3 Perang Dengan Bintang 2

Melihat ketatnya persaingan di dapil ini, caleg petahana Hinca Panjaitan tidak gentar. Justru, dia merasa semakin tertantang mengolah kepiawaiannya dalam merebut hati rakyat. “Kompetisi ini cukup seru dan ketat. Ini asyik,” kata Hinca kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (30/12/2023).

Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat ini bahkan mengapresiasi politisi berdarah Sumut yang mau membangun daerahnya melalui kursi legislatif. “Politisi-politisi Sumut yang sangat mumpuni turun dan main di lapangan. Demokrasi kita ramai dan segar di sini,” ujar Hinca.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.