Dark/Light Mode

Dapil Lampung 1

10 Kursi Petahana Jadi Rebutan Anak Pejabat

Minggu, 17 Desember 2023 08:00 WIB
Dapil Lampung 1 10 Kursi Petahana Jadi Rebutan Anak Pejabat

RM.id  Rakyat Merdeka - Dapil Lampung 1 menjadi area pertarungan sejumlah politisi beken. Menariknya, 10 kursi petahana dibidik anak-anak pejabat. Selain itu, mantan vokalis Kangen Band yang kerap dipanggil Babang Tamvan juga ikut andil dari dapil ini.

Dapil ini terbilang sangat luas, karena meliputi enam kabupaten dan dua kota. Keenam kabupaten itu terdiri dari Lampung Barat, Lampung Selatan, Pesawaran, Pesisir Barat, Pringsewu, dan Tanggamus. Adapun dua kotanya adalah Bandar Lampung dan Metro.

Dari 10 politisi yang lolos, PDIP mendapat tiga kursi melalui Mukhlis Basri, Sudin, dan Endro Suswantoro Yahman. Sisanya harus puas satu kursi. Muhammad Kadafi dari PKB, Ahmad Muzani dari Partai Gerindra, Lodewijk F Paulus dari Partai Golkar, Taufik Basari dari Partai NasDem, Muzzammil Yusuf dari PKS, Khairul Muhtar dari PAN, dan Zulkifli Anwar dari Partai Demokrat.

Baca juga : Madura Jadi Ujian Berat Bagi PKS

PDIP cukup puas dengan tiga kursi. Saat ini, banteng menurunkan Frederikus Saud Tambatua seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Laut yang terakhir menjabat sebagai Staf Khusus KSAL dan tokoh muda Nike Dalwiyanti Alwi.

PKB ingin menambah jumlah kursi di dapil ini. Tercemin dari strategi yang diterapkan partai berlambang jagat ini yang memasang politisi hebat.

Sebut saja Ela Siti Nuryamah anggota DPR yang sebelumnya lolos dari Dapil Lampung II, Pattimura yang saat ini anggota DPRD Provinsi Lampung, Ruby Chairani Syiffadia putri Pangeran Sangun Khatu Ya Bandakh II Rudi Setiawan yang merupakan staf ahli Kapolri berpangkat Jendral bintang dua, Muhammad Atras Mafazi seorang Dokter, dan Frans Agung Mula Putra, putra dari mantan Bupati Tulang Bawang Abdurrachman ‘Mance’ Sarbini.

Baca juga : Kekuatan Petahana Masih Sulit Digoyang

Golkar juga ingin menambah kursi dengan menurunkan Rycko Menoza SZP mantan Bupati Kabupaten Lampung Selatan), dan Wendy Melfa mantan Bupati Lampung Selatan. NasDem juga memasang Rahmawati Herdian putri dari mantan Wali Kota Bandar Lampung Herman HN.

PAN juga berupaya menambah kursi dengan menurunkan Putri Zulkifli Hasan yang merupakan putri dari Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Demokrat juga mencari peruntungan dengan popularitas Mahesa Andika Setiawan eks vokalis Kangen Band yang biasa dipanggil Babang Tamvan.

Berlabel penantang, Nike Dalwiyanti Alwi tak gentar melihat para politisi andal di Dapil Lampung I. Ia mengakui, kompetisi di dapil ini luar biasa ketat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.