Dark/Light Mode

Meski Pilpres Bakal Dua Putaran

Paslon 03 Pede Jadi Juara

Senin, 8 Januari 2024 07:30 WIB
Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim (kiri). (Foto: Antara)
Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim (kiri). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD bersikap rasional dengan memprediksi gelaran Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran dengan kemenangan paslon 03.

“Bahkan kami masih berupaya untuk bisa menang satu putaran. Walaupun memang tren dari hasil perhitungan kami selama ini, masih mengarah ke dua putaran,” ujar Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Maman Imanulhaq: Secara Realistis, Kami Melihat Dua Putaran

Chico menganalisa, meskipun kontestasi Pilpres 2024 berjalan dua putaran. Peluang Ganjar-Mahfud untuk ikut kontestasi di putaran kedua sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari berbagai indikator, mulai dari survei, hingga respons masyarakat di media konvonsional hingga media sosial. “Karena banyak faktor lain juga yang kami lihat, termasuk sentimen di media sosial, hingga media konvensional,” rincinya.

Misalnya, survei Indonesia Political Expert (IPE) yang memprediksi duet Ganjar-Mahfud akan mengungguli kontestasi dengan elektabilitas tertinggi sebesar 33,57 persen. Hasil itu, tipis di atas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebesar 31,25 persen. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tertinggal di angka 26,79 persen.

Baca juga : Semua Paslon Pede Hadapi Debat Ketiga

Survei membuktikan, elektabilitas Ganjar-Mahfud berada di tren positif. Periode Agustus-September 2023, Ganjar-Mahfud memperoleh dukungan 30,45 persen. Kemudian naik pada November menjadi 32,78 persen dan pada akhir 2023 menyentuh 33,57 persen. “TPN menjadikan setiap hasil survei sebagai bahan untuk evaluasi, namun bukan acuan utama,” tegasnya.

Intinya, kata Chico, tidak terlena atas hasil baik di survei. Pihaknya, terus berikhtiar memenangkan jagoannya dengan sosialisasi di tingkat akar rumput untuk sebanyak mungkin menyerap aspirasi masyarakat.

Baca juga : Formasi Indonesia Moeda: Pilpres Sekali Putaran Jadi Gerakan Nasional Mahasiswa

Chico mengungkapkan hasil survei internal TPN menunjuk­kan dukungan terhadap pasangan nomor urut 3 meningkat. TPN melakukan analisis triangulasi data survei konvensional, focus group discussion (FGD) di pu­luhan kota, dan analisis media. Hasilnya, elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 37 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.