Dark/Light Mode

Debat Capres Soal Pertahanan Lebih Seru

Anies Dan Ganjar Nyerang Prabowo

Senin, 8 Januari 2024 08:50 WIB
Prabowo Subianto memberikan jawaban dengan lugas, sementara Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo menyimak dengan seksama. Inilah salah satu adegan dalam debat Capres kedua yang digelar di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024) malam. (Foto: Patrarizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id)
Prabowo Subianto memberikan jawaban dengan lugas, sementara Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo menyimak dengan seksama. Inilah salah satu adegan dalam debat Capres kedua yang digelar di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024) malam. (Foto: Patrarizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Debat Capres yang membahas soal pertahanan tadi malam, berlangsung seru dan panas. Capres nomor urut 01 Anies Baswedan langsung menyerang Prabowo Subianto begitu ‘peluit’ pembuka dibunyikan. Capres 03 Ganjar Pranowo yang awalnya bersikap kalem, juga ikut menyerang Prabowo jelang sesi terakhir debat. Diserang dari awal sampai akhir, Prabowo tidak diam. Capres nomor urut 02 ini juga ikut melancarkan serangan balasan.

Debat capres dengan tema pertahanan, keamanan, politik luar negeri, dan geopolitik ini, digelar di Istora Senayan, Jakarta. Persaingan antar capres sudah terasa sejak ketiganya naik ke atas panggung. Tak hanya adu gagasan, ketiga kandidat juga adu gimmick dengan gaya pakaian dan gaya komunikasi untuk menarik perhatian pemirsa.

Untuk urusan pakaian, pasangan Ganjar-Mahfud sukses merebut perhatian pemirsa. Keduanya tampil kompak mengenakan jaket bomber warna hijau army lengkap dengan kacamata hitam. Jaket yang mirip dipakai aktor laga Tom Cruise dalam film Top Gun ini tampak serasi dengan tema debat.

Baca juga : Prabowo Unggul Di Perbincangan Medsos Dan Ungguli Anies Dengan Sentimen Positif

Untuk debat kali ini, di atas kertas Prabowo sebenarnya akan menguasai panggung. Berlatar belakang militer dan menjabat sebagai menteri pertahanan, Prabowo diprediksi menyiapkan strategi bertahan sambil sesekali melancarkan serangan balik.

Namun, saat debat dimulai, keadaannya berubah. Serangan capat Anies membuat pertahanan Prabowo sedikit goyah di awal.

Serangan cepat dari Anies datang di sesi penyampaian visi misi. Anies tanpa basa basi, langsung menyerbu. Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyerang Prabowo dengan isu anggaran besar di Kemenhan yang dianggap tak bisa melindungi rakyat, pembelian pesawat bekas, food estate, dan kepemilikan tanah.

Baca juga : Banteng Jatim Pede Suara Capres-Cawapres Lebih Tinggi Dari Suara Partai

Serangan itu membuat Prabowo sempat terpancing. Namun, eks Danjen Kopassus itu buru-buru kembali pada strategi bertahannya. Dalam visi misinya Prabowo menyampaikan tekadnya untuk membangun Indonesia agar memiliki pertahanan yang kuat. Doktrinnya, seribu kawan terlalu sedikit, 1 lawan terlalu banyak.

Soal serangan dari Anies, Prabowo bilang saat ini ada banyak orang bicara soal pertahanan tanpa data. Mungkin karena dikuasai ambisi yang menggebu sehingga tak lagi punya pandangan yang objektif. Prabowo menegaskan apa yang dilakukannya berpegangan pada dokumen dan semua atas dasar kepemimpinan bangsa dan rakyat Indonesia.

Prabowo berkeyakinan pertahanan yang kuat akan mampu menjaga kepentingan nasional dan kekayaan negara.

Baca juga : Anies-Ganjar Menyerang Prabowo Kebal Serangan

“Untuk kita menjadi negara makmur, sejahtera, rakyat hidup layak, punya pekerjaan layak, kita harus menjaga kekayaan kita. Kita harus menjaga, setelah itu kita harus mengelola kekayaan kita,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.