Dark/Light Mode

Tak Ekspose Pertahanan Nasional, Yandri Susanto: Prabowo Bersikap Negarawan

Senin, 8 Januari 2024 11:54 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menilai penampilan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam debat ketiga yang diselenggarakan KPU menunjukkan kualitasnya sebagai seorang negarawan.

Yandri juga setuju dengan sikap tegas Prabowo yang menyatakan bahwa tidaklah mungkin semua kekuatan dan kelemahan sistem pertahanan nasional dibuka untuk umum.

"Karena ini menyangkut kepentingan nasional makanya diperlukan kehati-hatian dalam mengekspose permasalahan ini," jelas Yandri Susanto kepada media, di Jakarta, Senin (8/1/2024).

Baca juga : Anies Dan Ganjar Nyerang Prabowo

Dalam debat tersebut Yandri menyayangkan adanya capres yang menyatakan tidak perlu ada rahasia data pertahanan.

Sehingga, dia mencecar Prabowo sebagai menteri pertahanan untuk membuka data kekuatan dan kelemahan pertahanan nasional.

"Sangat berbahaya apabila ada calon presiden yang menganggap bahwa data pertahanan nasional tidak perlu dirahasiakan. Calon seperti ini sangat tidak layak menjadi presiden," kritik Yandri.

Baca juga : Kuasai Tema, BPP Yakin Prabowo Bersinar Di Debat Pilpres Ketiga

"Kita menyaksikan berkali-kali Prabowo menyampaikan bahwa kita tidak boleh lemah, kita tidak boleh ditindas. Sehingga peningkatan kualitas pertahanan nasional mutlak untuk dilakukan," sambungnya.

Apalagi, menurutnya, Prabowo juga berkomitmen untuk melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif serta pendekatan menjadi tetangga yang baik dalam pergaulan internasional.

"Komitmen Prabowo dalam keberpihakan kepada kemerdekaan Palestina juga disampaikan dengan mendorong diplomasi kepada negara-negara lain dalam rangka melaksanakan amanat konstitusi kita yaitu mewujudkan perdamaian dunia," ungkap Yandri.

Baca juga : Sambut 2024, Pertamina International Shipping Siap Tambah Armada Tanker

Komandan Penggalangan TKN Prabowo-Gibran ini melihat, Prabowo sangat menguasai materi pertahanan nasional dan strategi politik luar negeri yang mengedepankan kepentingan nasional Indonesia.

"Tema debat kali ini berkaitan dengan pertahanan, keamanan serta politik luar negeri. Sebagai calon pemimpin nasional, Prabowo memiliki pandangan untuk menjaga kedaulatan nasional dan Indonesia berperan serta aktif dalam pergaulan internasional," tutup Yandri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.