Dark/Light Mode

Kuasai Tema, BPP Yakin Prabowo Bersinar Di Debat Pilpres Ketiga

Minggu, 7 Januari 2024 10:21 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pembina Barisan Pengusaha Pejuang (BPP) Akbar Himawan Buchari meyakini, Prabowo Subianto akan bersinar pada Debat Pilpres ketiga yang dihelat malam nanti. 

Mengingat, tema debat hari ini merupakan "makanan sehari-hari" bagi Prabowo.

Untuk diketahui, dalam debat ini, KPU mengangkat tema Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, Globalisasi, dan Hubungan Internasional. Menurut Akbar, tema ini sangat dikuasai oleh Prabowo.

“Untuk tema ini, jelas Pak Prabowo banget. Pengalamannya di militer, dan jabatan Menteri Pertahanan yang diamanahkannya saat ini, menjadi bukti bahwa Pak Prabowo lebih menguasai dibanding kontestan lain,” ujar Akbar kepada wartawan, di Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Baca juga : Ketum PSI Kaesang Pangarep Optimis Prabowo Kuasai Panggung Debat Capres

Meski begitu, ia meyakini, Prabowo tidak menjadikan Debat Pilpres ketiga ini sebagai ajang gagah-gagahan.

Mantan Danjen Kopassus itu diyakini akan tetap fokus menyampaikan gagasan, visi, dan misinya sebagai capres.

"Soal pertahanan, tak perlu ditunjukkan pun, publik pasti sudah tahu bahwa Pak Prabowo paling menguasainya. Mungkin saat ini capres lain sedang menyiapkan materi untuk tema debat," tutur Akbar.

Menurutnya, Prabowo akan menjawab semua pertanyaan yang diberikan panelis, tanpa menjatuhkan capres lainnya.

Baca juga : Ulama Rembang Doakan Ganjar-Mahfud Menangi Pilpres 2024

Karena sebenarnya, menurut Akbar, forum debat ini merupakan ajang bagi capres untuk meluapkan gagasan, dan visi misinya.

Akbar menyebut, jika terpilih nanti, Prabowo akan meneruskan kebijakan politik luar negeri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak akan bergabung dengan blok mana pun, dan terbuka bekerja sama dengan pihak mana pun.

"Kalau bahasa Pak Prabowo itu kebijakan bertetangga yang baik atau good neighbor policy. Kita juga mengetahui, politik luar negeri yang dibawa Pak Jokowi selalu berdampak positif untuk Indonesia," ungkap Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran itu.

Meski tak memihak blok manapun, Akbar percaya bahwa Prabowo bisa menjalin kerja sama dengan banyak negara.

Baca juga : Hashim: Makan Siang Gratis Program Pertama Prabowo Jika Menang Pilpres

Suatu negara tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, apalagi saat ini merupakan era kolaborasi.

Hal itu sangat linear dengan filosofi mantan panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (pangkostrad) ini.

"Pak Prabowo pernah mengatakan, filosofinya itu 'seribu teman terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak'," tandas Akbar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.