Dark/Light Mode

Dewan Pakar Timnas AMIN:

Nakes Daerah Terpencil Akan Diberi Tunjangan Lebih

Senin, 8 Januari 2024 17:41 WIB
dr. Ganis Irawan, Sp.PD, Anggota Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional AMIN
dr. Ganis Irawan, Sp.PD, Anggota Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional AMIN

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) memberikan perhatian khusus terhadap para tenaga kesehatan, terutama di daerah terpencil, sebagai garda terdepan sektor kesehatan di tanah air.

Anggota Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN dr. Ganis Irawan, Sp.PD. menyampaikan, visi, misi, dan program AMIN secara khusus memberikan perhatian terhadap aspek keadilan bagi tenaga kesehatan.

Baca juga : Timnas AMIN Gencar Bikin Posko Gerakan Rakyat Di Solo Raya

Visi 5 AMIN adalah mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berakhlak, serta berbudaya. Dari misi tersebut, salah satunya diturunkan ke dalam prgram tata kelola tenaga kesehatan.

Ganis menjelaskan, paslon AMIN bertekad menyetarakan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Salah satunya, dengan memastikan ketersediaan tenaga medis dan tenaga kesehatan di setiap fasilitas layanan kesehatan, terutama Puskesmas.

Baca juga : MU Perubahan Antusias, Co-Captain Timnas AMIN Yakin Menang Telak Di Bekasi Raya

“Termasuk di kawasan pesisir, kepulauan, wilayah terpencil dan pedalaman, dengan cara memperhatikan aspek keadilan, misalnya pemberian tunjangan khusus," paparnya, Senin (8/1/2024).

Selain aspek finansial, lanjutnya, AMIN juga akan memastikan hal-hal lain yang bisa meningkatkan kesejahteraan tenaga kesehatan. Termasuk perlindungan dari kekerasan dan perlindungan hukum selama menjalankan tugas profesinya.

Baca juga : Airlangga Happy Dialog Dengan Petani Milenial

Ganis menambahkan, Anies-Muhaimin akan memastikan, bahwa kebijakan kesehatan akan memperhatikan keadilan bagi semua pihak yang terlibat. Tenaga kesehatan tidak lagi dipandang sebagai pihak yang boleh dipaksa atau dikorbankan. Namun, mereka dilihat sebagai warga negara yang memiliki hak-hak konstitusional untuk dihormati.

Menghadirkan keadilan bagi nakes, Ganis mengingatkan, dianggap sebagai bagian penting upaya menghadirkan pelayanan kesehatan berkualitas bagi seluruh rakyat. “Pendekatan AMIN bukan saja berorientasi pada percepatan pemerataan, tapi juga sustainabilitas tenaga medis dan kesehatan di tanah air,” pungkasnya. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.