Dark/Light Mode

Jamin Semua Lulusan Pasti Kerja, Ganjar-Mahfud Janjikan 17 Juta Lapangan Kerja

Jumat, 5 Januari 2024 17:06 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD bertekad akan membuka lapangan kerja baru sebanyak 17 juta dalam lima tahun. (Foto: Instagram @ganjarpranowo)
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD bertekad akan membuka lapangan kerja baru sebanyak 17 juta dalam lima tahun. (Foto: Instagram @ganjarpranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD bertekad akan membuka lapangan kerja baru sebanyak 17 juta dalam lima tahun.

Hal itu menjadi salah satu dari 21 program Ganjar-Mahfud jika memenangi Pilpres 2024.

Kata Mahfud, ini merupakan salah satu dari 21 program unggulan yang akan diwujudkan dirinya dan Ganjar.

Baca juga : Peneliti SMRC: Ganjar-Mahfud Berpeluang Lolos Putaran Kedua

Menurut Mahfud, untuk merealisasikan 21 program tersebut, pihaknya akan mengalokasikan dana sebesar Rp 2.500 triliun selama lima tahun, atau Rp 500 triliun setiap tahun.

“Ganjar-Mahfud menyiapkan 21 program unggulan senilai Rp 2.500 triliun selama 5 tahun, yaitu, satu, 17 juta lapangan kerja,” kata Mahfud, Jumat (5/1/2024).

Mahfud menjelaskan, 17 juta lapangan kerja baru itu akan terwujud melalui beberapa faktor. Antara lain, mendorong pusat ekonomi baru melalui vokasi terintegrasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di desa, melalui industrialisasi yang fokus pada sektor pertanian dan maritim.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Usung Lulusan SMK Langsung Kerja, Ini Saran Ekonom

Mahfud melanjutkan, untuk mewujudkan pusat perekonomian baru, ada beberapa strategi yang disiapkan. Yaitu meluncurkan platform yang memudahkan masyarakat mendapat pekerjaan melalui bursa kerja online dan offline di tingkat dinas ketenagakerjaan secara berkesinambungan.

"Juga, memberi beasiswa dan mentoring entrepreneurship untuk meningkatkan skill pekerja," ucap Menko Polhukam itu.

Selain itu, Mahfud juga berjanji akan melakukan pendataan UMKM sampai ke level kabupaten dalam Satu Data Indonesia (SDI). Serta meningkatkan kualitas pelaku UMKM melalui inkubasi bisnis dan coaching clinic.

Baca juga : Satukan Tekad Dukung Ganjar-Mahfud, Warga Karanganyar Hadiri Pesta Rakyat

"Ganjar-Mahfud yakin 17 juta lapangan kerja baru selama lima tahun, akan menjamin semua lulusan pasti kerja," pungkas Mahfud.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.