Dark/Light Mode

Elektabilitas Diklaim Tak Turun, Ganjar Pranowo: Survei Saya Naik Tuh

Jumat, 12 Januari 2024 20:42 WIB
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo/Ist
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo tak yakin jika surveinya terus mengalami penurunan. Sebaliknya, calon presiden (capres) nomor urut 3 itu mengungkapkan hasil survei  elektabilitasnya bersama Cawapres Mahfud MD,  terus mengalami kenaikan.

“Survei saya naik tuh. Bahkan pakai sistem triangulasi. Kriterianya, kami masih kejar-kejaran antara dua kandidat, perbedaannya sekitar dua persen,” kata Ganjar di Jombang, Jumat (12/1/2024).

Baca juga : Relawan Bejo Deklarasi Dukung Pemenangan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Kendati demikian, Ganjar mengatakan hasil survei lainnya sebagai referensi dan menjadi catatan untuk dijadikan perhatian. Ganjar mengumpamakan beberapa wilayah seperti Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Yogyakarta dan Jawa Barat (Jabar) merupakan daerah-daerah gemuk.

“Nggak masalah, semua survei kita jadikan pelajaran untuk kita menyikapi dengan bijak,” ujarnya.

Baca juga : Elektabilitas Ganjar-Mahfud Puncaki Bursa Pilpres

Pernyataan Ganjar dibenarkan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid. Menurutnya, untuk wilayah Jateng dan Jatim, Ganjar-Mahfud di semua survei paling unggul. 

Sebelumnya, hasil survei Gagas Lintas Data (Galidata) menempatkan posisi pasangan Ganjar-Mahfud di posisi teratas dengan perolehan 36,2%, mengungguli pasangan Prabowo-Gibran r 33,3% dan pasangan Anies-Muhaimin dengan raihan 26,1%.

Baca juga : Ganjar Pranowo Mumpuni Sebagai Panglima Tertinggi Di Indonesia

Survei Galidata dilaksanakan mulai 24 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024 di seluruh wilayah Indonesia. Survei tersebut melibatkan 1.200 responden, dengan sampling error 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%.

“Secara nasional, elektabilitas Ganjar-Mahfud tertinggi, yakni sekitar 36,2%, disusul Prabowo-Gibran 33,3% dan Anies-Muhaimin 26,1%,” kata Direktur Galidata IBey Arif Budiman, dalam acara Rilis Survei Nasional Peta Elektoral Pemilu 2024 di Hotel Tamarin, Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.