Dark/Light Mode

Elektabilitas Ganjar-Mahfud Naik Berkat Tren Positif Soliditas Pendukung

Kamis, 28 Desember 2023 11:24 WIB
Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud. Foto: Istimewa
Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Faktor soliditas pendukung menjadi salah satu penentu dalam memenangkan elektabilitas pasangan Capres-Cawapres dalam kontestasi Pemilu 2024.

Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD dinilai memiliki pendukung yang lebih solid dibandingkan dengan paslon lain.

Penilaian tersebut dibeberkan oleh @spaplusplus, akun di jejaring sosial media X yang mengamati pola interaksi akun-akun pendukung ketiga pasangan calon yang berlaga.

"Data Minspa menunjukkan kalau kelompok 3 menjadi akun dengan solidaritas tertinggi nih. Akun pendukung 3 interaksi antar pendukungnya paling tinggi disusul dengan kelompok pendukung 2 dan 1," tulis @spaplusplus, Kamis (28/12/2023).

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Mataram: Pilih Pemimpin Bukan Janji Manis, Tapi Solusi Nyata

Salah satu indikator soliditas tinggi kelompok 3 adalah dominasi sentimen positif dan netral untuk penampilan Mahfud MD pada debat sesi kedua debat Capres-Cawapres yang digelar KPU. Hal ini berbeda dengan sentimen yang diperoleh paslon lain.

"Pendukung paslon 2 dan 3 saling serang. Pendukung 2 berupaya membentuk tiga kelompok jaringan interaksi yang memiliki fokus pembahasan yang terbagi-bagi. Salah satu momentum terciamik adalah pertanyaan SGIE. Sebaran SGIE awalnya mulai digencarkan di X dan lama kelamaan pembahasan itu menyebar ke Instagram dan beberapa platform sosial media lainnya," tambah @spaplusplus.

Sementara itu, untuk komposisi akun bot, masih dalam analisis akun tersebut, paslon 2 memiliki jumlah akun bot tertinggi sekitar 10,24 persen, dibandingkan paslon 1 sekitar 9,36 persen, dan paslon 3 sekitar 8,98 persen.

Artinya, paslon 3 memiliki pertumbuhan interaksi organik yang lebih baik daripada paslon lain.

Baca juga : Ganjar - Mahfud Komitmen Optimalkan Potensi Desa Wisata Di Indonesia

"Berdasarkan temuan Minspa, kelompok 2 menjadi akun dengan bot tertinggi. Komposisi bot sendiri merupakan persentase dari jumlah bot terhadap total akun yang ada di dalam kelompok. Akun bot adalah akun dengan perilaku yang dapat diduga seperti bot karena pola cuitan yang sama atau mirip pada setiap akun," ungkap @spaplusplus.

Analisis akun tersebut sejalan dengan hasil survei internal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud yang baru saja dirilis.

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud Andi Widjajanto mengatakan, elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud menunjukkan tren naik. Survei internal TPN pada 7 hari lalu menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud di kisaran 35 persen. Sementara itu, hasil terbaru memperlihatkan elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 37 persen.

Sementara itu, elektabilitas pasangan nomor urut 2 turun dari 1,5 menjadi 41,1 persen. Sedangkan elektabilitas pasangan nomor urut 1 turun 0,3 persen menjadi 21,7 persen.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Komitmen Bebaskan Nelayan Dari Jerat Utang

"Survei internal ini dari analisis triangulasi data survei konvensional, data focus group discussion (FGD) yang digelar di puluhan kota, dan data analisis media. Kami sudah pakai metodologi ini sejak 2018," jelas Andi, Rabu (27/12/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.