Dark/Light Mode

Pusat Keunggulan DAIKIN Dibangun di SMKN 29 Jakarta

Rabu, 13 Desember 2023 21:18 WIB
Peresmian Pusat Keunggulan DAIKIN di SMKN 29 Jakarta, Rabu (13/12). (Foto: DAIKIN)
Peresmian Pusat Keunggulan DAIKIN di SMKN 29 Jakarta, Rabu (13/12). (Foto: DAIKIN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bagian upaya perusahaan dalam pengembangan pendidikan vokasi, PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) meresmikan pembukaan Pusat Keunggulan DAIKIN pertama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Rabu (13/12). Ini merupakan pengembangan kolaborasi dengan sekolah vokasi, spesialis solusi tata udara asal Jepang ini menyatakan berkomitmen mengembangkan Pusat Keunggulan DAIKIN dalam kualitas maupun jumlahnya di Indonesia.

“Tak sekadar dukungan perangkat untuk praktik guru dan siswa, kami mendesain Pusat Keunggulan DAIKIN ini sebagai tempat bagi pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi siswa didik dari institusi pendidikan vokasi yang khususnya terkait refrigerasi dan tata udara. Termasuk di dalamnya keterlibatan langsung DAIKIN dalam memberikan pelatihan maupun pengujian bagi siswa serta tenaga pengajar,” ujar Presiden Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia Shinji Miyata, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (13/12).

SMK Negeri 29 Jakarta ditunjuk menjadi Pusat Keunggulan DAIKIN pertama ini. Berada di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Pusat Keunggulan DAIKIN ini menempati sebuah ruang kelas khusus. Di dalamnya, sejumlah perangkat tata udara untuk kebutuhan hunian maupun bangunan komersial tersedia. Sementara berbagai pengetahuan terkait dengan tata udara tersemat menjadi bagian ornamen dindingnya. 

Shinji Miyata menyatakan, pendirian Pusat Keunggulan DAIKIN ini merupakan bagian upaya perusahaan dalam meningkatkan kolaborasi dan memperkuat sinergi dengan pemerintah untuk membangun pendidikan berkualitas. “Dari sisi pelaku industri, DAIKIN percaya, kualitas pendidikan yang semakin baik akan memberikan peluang semakin besar bagi kami untuk mendapatkan sumber daya manusia dengan kompetensi unggul.  Hal yang menjadi salah satu kunci utama kemajuan perusahaan,” ujarnya.   

Baca juga : Pengalaman Bangun 4 RSUD, Bang Zaki Siap Benahi Kesehatan Warga Jakarta

Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia Budi Mulia menambahkan, perjalanan operasional hampir satu abad di dunia. Sedangkan di Indonesia, DAIKIN memulai sejak 50 tahun lalu. Sepanjang itu, DAIKIN berkembang dengan menjaga reputasinya di tengah masyarakat Indonesia hingga menjadi pemimpin pasar penyejuk udara (Air Conditioner/AC). Tak hanya melalui kualitas tinggi dalam produk, namun pula dalam layanan yang diberikan. 

Hingga saat ini, DAIKIN tercatat memiliki 16 kantor perwakilan yang tersebar menyentuh berbagai wilayah di Indonesia. Beriring dengannya, DAIKIN memiliki sekitar 1.400 mitra bisnis yang mendukung dalam distribusi produk dan layanannya. 

Budi Mulia menyatakan, tahun depan bakal menjadi fase baru bagi DAIKIN di Indonesia. Hal ini terkait dengan rencana besar DAIKIN untuk memulai produksi AC di dalam negeri melalui fasilitas produksi yang tengah dibangun di kawasan Cikarang.

“Pada jejak perjalanan ini dan dengan rencana besar DAIKIN ke depan inilah, kami menyadari kualitas sumber daya manusia sangat berperan. Tak hanya bagi DAIKIN, namun pula bagi industri secara keseluruhan,” ujarnya.   

Baca juga : Tingkatkan Keterampilan Siswa, Sharp Resmikan Sharp Class di SMKN 29 Jakarta

Kesadaran inilah yang kemudian membuat DAIKIN bersinergi dengan pemerintah Indonesia. Salah satu tonggaknya melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sejak 25 Juli 2019.

Kerja sama yang dibangun sesuai kerangka nota kesepahaman ini meliputi penyelarasan kurikulum, pelaksanaan sertifikasi industri bagi guru dan siswa, pengadaan pelatihan dari DAIKIN sebagai guru tamu, praktik kerja lapangan bagi guru dan siswa, hingga donasi unit praktek untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Sejak saat itu, DAIKIN terhitung telah menjalin kerjasama dengan 37 SMK dan 8 Balai Latihan Kerja di Indonesia. 

Pusat Keunggulan DAIKIN, kata Budi Mulia, selain akan lebih menaruh perhatian untuk menginsentifkan berbagai hal yang telah menjadi pokok kerja sama sebelumnya, sekolah yang dikembangkan sebagai Pusat Keunggulan akan pula menjadi tempat pelatihan sekaligus penyelenggaraan uji kompetensi berbasis standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Di samping itu, ada penguatan untuk menjadikannya sebagai pusat pelatihan dan pengembangan tata udara. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, DAIKIN telah menyiapkan peta jalan. Termasuk di dalamnya menjadikan Pusat Keunggulan DAIKIN tak hanya menjadi tempat pelatihan dan pengembangan kompetensi internal sekolah, namun pula mencakup pihak luar sekolah tersebut.

Baca juga : Kota Pintar IKN Wajib Diimbangi Masyarakat Cerdas

“Pusat Keunggulan terbuka bagi pengembangan siswa maupun guru sekolah lain, termasuk mitra industri kami, menjadi upaya untuk terjadinya dialog dan transfer keilmuan serta keahlian yang bakal berkontribusi bagi pengembangan pendidikan maupun industri tata udara di masa mendatang,” ujar Budi Mulia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.